Sidak Pelabuhan dan Bandara Banyuwangi, Menhub Bilang Pengetatan Protokol Kesehatan di Pelabuhan Ketapang Patut Dicontoh


Banyuwangi, Fixsnews , – Dalam kunjungan kerjanya ke Banyuwangi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (26/12), melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pelabuhan Penyeberangan Ketapang dan Bandara Blimbingsari. Tinjauan tersebut untuk memastikan pengetatan protokol kesehatan di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022 diterapkan dengan baik di lapangan.

Menhub mengatakan, di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang telah tersedia pos pengamanan dan pelayanan vaksinasi, serta tes antigen, untuk melayani calon penumpang yang belum melakukan vaksin dosis lengkap dan untuk melakukan pengecekan secara acak.

“Di sini kolaborasi antara Bupati, Forkompinda, Kepolisian, dan unsur terkait lainnya telah berjalan dengan baik. Penanganan mobilitas dan prokes di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang bisa menjadi contoh yang baik bagi daerah lainnya,” kata Menhub.

Menhub mengatakan, pengelolaan prokes di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang sangat menentukan pergerakan ke Jawa dan Bali. Menhub mengungkapkan, selama 3 (tiga) bulan terakhir tidak ada penumpang yang dinyatakan positif di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang.

“Pergerakan penumpang dan barang relatif datar di sini. Sekitar 2.500 kendaraan dan 1.000 penumpang per hari,” ucap Menhub.

Namun demikian, Menhub tetap mengingatkan semua pihak agar tidak lengah dan tetap disiplin menerapkan prokes dengan ketat. “Penjagaan dilakukan dengan ramah dan humanis, dan harus konsisten dilakukan pengecekan secara acak,” tutur Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi V DPR RI Sumail menyampaikan apresiasi atas sinergitas kelembagaan di Pelabuhan Ketapang. Ia juga menekankan agar Kemenhub dan PT ASDP tetap memperhatikan kelaikan kapal yang beroperasi melayani penumpang pada masa libur Nataru.

*Tinjau Bandara Blimbingsari*

Di Bandara Blimbingsari, Menhub mengunjungi Posko Natal dan Tahun Baru, serta meninjau pesawat latih Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi.

Berdasarkan data sementara di Posko Nataru Bandara Blimbingsari, pergerakan penumpang pada masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 selama 17-25 Desember 2021 juga mengalami penurunan 41,6% yaitu 2.295 penumpang dibandingkan tahun lalu sebanyak 3.394 penumpang.

Sementara itu, pergerakan pesawat selama tanggal 17-25 Desember 2021 mengalami penurunan 68% yaitu 32 pergerakan pada tahun ini dibandingkan pada periode Nataru sebelumnya sebanyak 100 pergerakan pesawat.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiendani menyampaikan selama masa libur Nararu, pihaknya berserta segenap Forkompida siap mendukung penerapan pengetatan protokol kesehatan di simpul-simpul transportasi seperti di bandara maupun pelabuhan.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi, Kakorlantas Irjen (Pol) Firman Santyabudi; Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB; dan Direktur Mutu Kemenkes.(01)