oleh

Terdiagnosis Diabetes, Begini Cara Tanganinya!

Kota Tangerang, Fixsnews.co.id- Diabetes memang kerap menjadi momok tersendiri di zaman yang serba instan ini. Banyak pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk duduk berlama-lama di depan Komputer. Sehingga tubuh tidak banyak bergerak.

Kepala Puskesmas Karawaci Baru, dr Dece Feriyeni mengungkapkan jika terdiagnosis diabetes melitus (DM), ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar penyakit ini, tidak menimbulkan dampak yang lebih besar.

Baca Juga : Begini Cara Cepat dan Mudah Bayar Tagihan dan Beli Token Listrik Lewat PLN Mobile

Pindah Ke Kota Tangerang? Begini Cara Urus Dokumen Kependudukannya!

“Pengidap diabetes mellitus yang tidak terkontrol dengan baik, dapat menyebabkan konsekuensi serius. Seperti menimbulkan kerusakan pada berbagi organ dan jaringan penting di dalam tubuh,” ungkap dr Dece.

Dengan itu, kata dr Dece hal itu dapat ditangani dengan melakukan diet sehat. Lebih banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan serat, serta rendah lemak. Pastikan juga untuk mengurangi lemak jenuh, kabohidrat olahan, dan segala hal yang kaya akan kandungan gula.

“Selain diet sehat, juga disarankan untuk melakukan aktivitas fisik. Hal ini mampu menurunkan kadar gula darah agar dapat diubah oleh tubuh menjadi energi. Bisa lewat aktivitas yang disukai, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Lakukan ini jadi rutinitas harian, sekitar 30 menit per hari. Mulai dengan pelan dan tingkatkan secara bertahap, agar tubuh siap terbiasa,” jelasnya.

Pengidap diabetes, juga disarankan untuk memantau gula darah setiap harinya. Mungkin perlu memeriksanya sekali sehari dan sebelum atau setelah berolahraga. Jika mengonsumsi insulin, dapat melakukannya beberapa kali dalam sehari.

Pemantauan ini umumnya dilakukan dengan alat yang disebut pengukur glukosa darah, yang mengukur jumlah gula dalam setetes darah. “Pastikan rutin mengkonsumsi obat DM secara rutin sesuai aturan dokter, rutin kontrol ke faskes minimal satu bulan sekali,” tutupnya.(red)

News Feed