JAKARTA, Fixsnews.co.id– Diskusi literasi digital kominfo akan hadir di tengah arena Jajanan Festival di Lobi Timur ITC Cempaka Mas, Jakarta, Kamis (30/3) sore, pukul 16.00 WIB. Jajanan Festival diselenggarakan oleh Attention berkolaborasi dengan Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).
Mengusung tema ”Digital Marketing Bagi UMKM Pemula”, diskusi luring (offline) itu menghadirkan narasumber: Roland International Artist sekaligus musisi Mia Marcellina, pelaku industri event Raka Maukar, artis – penyanyi Ressa Herlambang, dan Tonny Purbaya sebagai moderator.
”Diskusi gratis ini bisa diikuti dengan cara mendaftar ke link registrasi peserta di https://s.id/pendaftarandki3003. Selain mendapat e-sertifikat, panitia juga menyediakan hadiah e-money sebesar Rp 1.000.000.- untuk 10 peserta yang beruntung,” tulis Kemenkominfo dalam rilisnya kepada awak media, Rabu (29/3).
Kemenkominfo menjelaskan, berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada 2021 lalu, didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia sebesar 3.49 dari 5.00. Dengan skor tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia masuk dalam kategori ”sedang”.
”Secara keseluruhan, Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 mencapai 3.49 dari skala 1-5, atau naik dari pencapaian tahun sebelumnya 3.46,” sebut Kemenkominfo.
Kegiatan diskusi literasi digital di lingkungan kelompok masyarakat (komunitas) merupakan salah satu upaya Kemenkominfo untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan hingga komunitas digital menuju Indonesia #MakinCakapDigital. ”Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024,” imbuh Kemenkominfo.
Terkait tema, Kemenkominfo menegaskan, banyak pelaku usaha UMKM yang belum mengetahui tentang tata cara atau teknis mendaftarkan merek dagang milik sendiri. Apalagi, sebagian pemilik UMKM pemula belum memahami betul digital marketing di era serba digital ini.
”Para pelaku UMKM harus mampu berinovasi dan bertindak kreatif. Di era serba digital ini, tidak bisa tidak, semua pelaku UMKM harus menggunakan digital marketing untuk memasarkan produknya. Setidaknya mereka memiliki akun media sosial untuk mempromosikan produknya,” urai Kemenkominfo.
Menurut Kemenkominfo, kegiatan #literasidigitalkominfo tahun ini mulai dilaksanakan sejak 27 Januari 2023, dengan mengusung program: Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD). Program yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.
Pada 2023, IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.
Seluruh program IMCD selalu membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama. Yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Skor tertinggi indeks literasi digital Indonesia diraih pilar budaya digital dengan skor 3.90.
”Diikuti etika digital skor sebesar 3.53, dan kecakapan digital sebesar 3.44. Keamanan digital mendapat skor terendah, 3.10 atau sedikit di atas sedang,” urai Kemenkominfo.
Program IMCD semakin urgen, lanjut Kemenkominfo, lantaran survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan We Are Social menemukan bahwa pengguna internet dan media sosial di Indonesia pada periode 2021-2022 sudah mencapai 220 juta orang. ”Padahal, pada 2019, jumlah itu tak lebih dari 175 juta orang,” jelasnya.
Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo. (Red)