BABINSA DAN BHABINKAMTIBMAS BERSINERGI MEMBANTU SELESAIKAN MASALAH WARGA

TNI/POLRI213 views

Yapen- Babinsa Koramil 1709-02/Yaptim Sertu Wellem Borowai bersama dengan Bhabinkamtibmas Bripka Frets Matesrai bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi warga Kampung Randawaya, Dsitrik Teluk Ampimoi, Kab. Kep. Yapen di Balai Kampung Randawaya,
Kamis (11/02/2021).

Sebagai ujung tombak masing-masing satuan di wilayah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dituntut untuk selalu bersinergi dalam membantu menyelesaikan maupun memberikan solusi terhadap setiap permasalahan yang dihadapi warga.

Permasalahan yang terjadi ini disebabkan oleh kenakalan dari tiga remaja kampung berinisial AK, DS dan FT, yang mengakibatkan Mesak Boris warga Randawaya mengalami kerugian secara finansial.

Adapun penyelesaian yang dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas adalah dengan mempertemukan kedua belah pihak, dan mereka juga sepakat untuk menyelesaikan masalah dengan musyawarah secara kekeluargaan dengan jalan damai.

Disela penyelesaian masalah, Babinsa juga memberikan nasehat tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta menjaga toleransi tanpa adanya permusuhan antar masyarakat, serta mengajak kedua belah pihak untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban di Kampung.

Dari hasil mediasi, ketiga remaja sudah mengganti kerugian sebesar 60 persen, dan selebihnya sesuai dengan surat pernyataan yang sudah ditandatangani akan mengembalikan sisanya hingga lunas, dan dari pihak Mesak Boris sendiri juga menerima hasil keputusan dari musyawarah tersebut.(pen)