BPJamsostek Gelar Vaksinasi COVID-19 Bagi Pekerja di Tangsel

Tangsel, Fixsnews.co.id- BPJS ketenagakerjaan atau BPJamsostek menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 bagi pekerja di MS Indoor Soccer BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (31/8/2021).

Kegiatan yang bertema “Vaksinasi Bersama Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan BPJamsostek” tersebut diselenggarakan berkerjasama dengan Pemerintah Kota dan Dinas Kesehatan setempat.

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, mengapresiasi BPJamsostek yang telah menyelenggarakan vaksinasi bagi pekerja. Menurutnya, kegiatan Vaksinasi bersama BPJamsostek ini membantu Pemkot Tangsel untuk mengejar target herd immunity sebanyak 70 persen penduduk yang direncanakan selesai di pertengahan September 2021.

“Kegiatan vaksinasi yang digagas oleh BPJamsostek bagi pekerja di Tangsel ini akan melengkapi target herd immunity Tangsel yang perhari ini kita sudah mencapai 48 persen. Kita akan sesegera mungkin untuk mencapai target 70 persen pada pertengahan bulan september,” ungkapnya.

Benyamin Davnie berharap kepada seluruh peserta untuk tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat meski telah mendapatkan vaksinasi. Hal ini perlu dilakukan untuk melindungi diri dan lingkungan sekitar dari resiko terpapar Covid-19.

Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Asep Rahmat Suwandha mengatakan, BPJamsostek terus berupaya mendukung program pemerintah dalam percepatan pembentukan herd immunity dengan menyelenggarakan vaksinasi di seluruh Indonesia.

Menurutnya, BPJamsostek memilih kota Tangsel sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan vaksinasi karena termasuk pemerintah daerah yang dinilai peduli akan jaminan sosial ketenagakerjaan.

” Pemkot Tangsel telah membuat berbagai Peraturan Daerah(Perda) untuk menjamin para pekerja baik pegawai swasta, ataupun pegawai pemerintahan non ASN, hingga petugas tingkat lingkungan masyarakat(RW).  Hal ini sangat luar biasa, karena jaminan pekerja hingga tingkat RT, RW, Guru Ngaji, bahkan hingga marbot masjid itu sudah tercover,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Selatan Iman Santoso Achwan mengatakan, sebanyak 1.500 dosis vaksin Astrazeneca disediakan bagi peserta untuk melakukan vaksinasi dosis pertama. Selanjutnya untuk vaksinasi kedua disediakan 1500 dosis yang akan diberikan di bulan Oktober.

“Sasaran vaksinasi ditujukan bagi para pekerja peserta BPJAMSOSTEK di kota Tangsel seperti para pengemudi ojek online, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM), dan juga masyarakat sekitar yang tinggal di Tangsel,” kata Iman.

Lebih lanjut Iman Santoso Achwan juga
mengimbau para pekerja di wilayah Tangsel untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta BPJamsostek.

“Sebab hanya dengan iuran sebesar Rp16.800, para pekerja dapat terlindungi dari risiko kecelakaan kerja dan kematian dengan manfaat yang maksimal diantaranya beasiswa bagi anak dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi,” ujarnya.

 

Tak hanya vaksinasi, dalam kegiatan tersebut BPJamsostek juga secara simbolis menyerahkan santunan dan beasiswa kepada tiga ahli waris peserta yang meninggal dunia.(ben)