Bupati Tangerang Apresiasi Dukungan IDB di Wilayah Pesisir

Fixsnews.co.id– Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menerima dan mendampingi kunjung Presiden Islamic Development Bank (IDB) Mohammed Al Jasser untuk melihat Kawasan Ketapang Kecamatan Mauk dan Program Kotaku di Desa Ketapang Kabupaten Tangerang , Senin, (18/7/22).

Kunjungan Presiden Islamic Development Bank tersebut dilakukan dalam rangka melihat lokasi pelaksanaan program peningkatan kualitas permukiman kumuh atau National Slum Upgrading Project (NSUP) yang dikenal dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), dan didanai oleh Pinjaman Luar Negeri lslamic Development Bank (lDB).

Bupati Zaki mengaku senang dan bangga atas kunjungan Presiden IDB Mohammed Al Jasser yang secara langsung datang dan melihat serta meninjau ke lokasi Ketapang Kecamatan Mauk.

“Hari ini kami menerima kedatangan Presiden IDB ke lokasi Desa Ketapang Aquaculture Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Mereka sangat bahagia juga mengapresiasi progres dari pembangunan kawasan Desa Ketapang ini,” ungkap Bupati Zaki.

Bupati sangat mengapresiasi dukungan dari IDB terhadap progress pembangunan kawasan-kawasan desa pesisir seperti Ketapang yang manfaatnya bisa dirasakan langsung. Menurutnya, dengan progres pembangunan kawasan pesisir yang dilakukan itu, pihak IDB nantinya juga akan mengundang Pemerintah Kabupaten Tangerang ke Kantor IDB untuk memberikan paparan terhadap program penataan dan pembangunan kawasan-kawasan pesisir lain yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Nanti akan ada 4 wilayah lain lagi yang akan menyusul setelah Desa Ketapang di akhir Tahun 2022 ini. Jadi mudah-mudahan program kemitraan antara kementerian, Program Kotaku dari PUPR dan juga beberapa program Kementerian Lingkungan Hidup dan kementerian yang lain dengan Kabupaten Tangerang juga dan IDB bisa berjalan lagi di beberapa lokasi yang lainnya,” harapnya.

Sementara itu Presiden IDB Mohammed Al Jasser mengucapkan terima kasih atas sambutan terhadap dirinya dan jajaran IDB saat berkunjung di Ketapang Kabupaten Tangerang.

“Kami sangat terkesan dengan capaian yang sudah dilakukan di Desa Ketapang ini, terutama kolaborasi antara masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk memperbaiki daerah kumuh dan daerah pemukiman kumuh menjadi tempat yang layak huni dan lebih baik lagi,” ungkap Mohammed Al Jasser yang diterjemahkan oleh penerjemahnya.

Dia berharap supaya program seperti itu bisa direplikasi dan diduplikasi di tempat lain di Indonesia karena sangat bermanfaat. Program yang dilaksanakan seperti di wilayah Ketepang tersebut dinilai berhasil dan tentu saja bisa juga dilakukan di daerah lainnya.

“Ini merupakan contoh kemitraan yang sangat baik sekali antara Islamic Development Bank dengan pemerintah daerah khususnya Kabupaten Tangerang. Saya ucapkan selamat dan juga terima kasih bisa menyaksikan kesuksesan program ini,” katanya.

Presiden IDB yang didampingi Bupati Tangerang dan jajaran Kementerian PUPR melakukan paparan program di Aula Kantor Kecamatan Mauk, kemudian dilanjutkan kunjungan lokasi Desa Ketapang dan berkeliling melihat Sky Deck, Konservasi Mangrove, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), jembatan, dermaga, pembangunan pusat kuliner, berdialog dengan para penerima manfaat dan berakhir di Gedung Aquaculture Kawasan Mauk.(Ris)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan