Dilantik Jadi Pembimbing Masyarakat Budha Provinsi Banten, Andi Dela Yulianto S.Ag, M.Si Merasa Dizolimi


Kota Serang, Fixsnews ,- Dilantik Jadi Pembimbing Masyarakat Budha Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Andi Dela Yulianto S. Sg, M. Si merasa dizolimi Dirjen Binmas Budha Kementerian Agama, Caliadi SH, MH. Hal ini diungkapkan oleh Andi Sela usai dilantik Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Banten DR H Nanang Fatchurochman S.Pd, M.Pd, Senin (20/9/2021).

Andi Dela Yulianto, S.Ag., M.Si. yang menggantikan Triroso S.Ag, MM, sebelumnya menjabat Kepala Bagian Keuangan dan Umum Sekretariat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI.

Dikatakan dengan tegas oleh Andi Dela Yulianto dengan adanya Pelantikan ini lengkaplah kezoliman Dirjen Binmas Budha kepada saya. Karena jabatan Binmas Budha saya pernah jabat di Kalimantan Tengah Tahun 2004.

“Jabatan sebagai Pembimbing Masyarakat Budha pernah saya jabat Tahun 2004 dan itu jabatan untuk golongan IV. A dan sekarang Tahun 2021 saya yang telah nemiliki pangkat golongan IV. B koq kembali menjabat sebagai Pembimbing Masyarakat Budha. Ada yang tidak benar, apakah saya telah nelakukan pelanggaran sebagai ASN, atau saya menyalahgunakan jabatan, sehingga harus turun jabatan, ” ujar Andi kecewa.

Masih menurut Andi Sela, dirinya tidak pernah dipanggil atau diperiksa oleh Inspektorat Jendral Kementerian Agama untuk suatu kesalahan atau pelanggaran sebagai ASN. Saya sudah adukan ke Inspektorat Jendral dan Komisi ASN untuk menginvestigasi kejanggalan dalam mutasi jabatan yang saya alami ini terang Andi lagi.

Sementara dalam pelantikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Ka Kanwil Kemenag) Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan dedikasinya kepada pejabat lama Triroso S.Ag, MM. Dan mengajak Andi Dela Tulisnya sebagai pejabat baru untuk sama sama merawat keberagaman dan kebersamaan umat beragama di Provinsi Banten.

Dikatakan juga oleh Nanang, promosi, mutasi jabatan adalah hal yang biasa dan wajar bagi ASN dalam penyegaran di kementerian manapun termasuk Kementerian Agama.

“Selamat bekerja dan bergabung Bapak Andi Dela Yulianto di Kantor Kementerian Agama Provinsi Banten,” ujar Kakanwil Kandepag Provinsi Banten tersebut.

Sampai berita ini diturunkan Dirjen Binmas Budha, Caliadi SH, MH belum bisa dikonfirmasi. (wan/01)