Home / Banten Raya / Dinkes Tangsel Gelar Perkemahan Saka Bakti Husada

Dinkes Tangsel Gelar Perkemahan Saka Bakti Husada

Tangsel – Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Tangerang Selatan (Tangsel) gelar Perkemahan Saka Bakti Husada (Pertihusada) Kwartir Cabang kota Tangsel selama dua hari (14 hingga15 Desember 2019) di Taman Konservasi Rimbun, Ciater, Tangsel.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Tangsel, Lilis Suryani menjelaskan
Saka Bakti Husada (SBH) adalah wadah pengembangan pengetahuan pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saka Bakti Husada sebagai bagian dari Gerakan Pramuka yang menjadi mitra Dinkes dalam membina generasi muda melalui kegiatan kepramukaan yang mempelajari materi Krida dan Kecakapan Khusus (SKK) sesuai standarisasi keterampilan dalam Gerakan Pramuka. Pramuka yang berhasil menempuh keterampilan tertentu kemudian diberikan Tanda Kecakapan Khusus (KK) sebagai pengakuan bahwa yang bersangkutan terampil sesuai kecakapan khusus yang dipelajarinya.

“Kegiatan Pertihusada dilaksanakan guna mendorong minat, bakat dan keterampilan anggota Pramuka di bidang kesehatan. Nantinya, kemampuan dan keterampilan di bidang kesehatan yang dimiliki peserta dapat didarmabaktikan kepada masyarakat untuk mewujudkan Generasi Sehat, Indonesia unggul dengan target meningkatkan angka harapan hidup masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Lilis menerangkan, pada kegiatan ini, peserta mengikuti serangkaian materi pembelajaran, diantaranya yaitu Germas, kampanye kesehatan melalui Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Menurutnya, tantangan yang dihadapi saat ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menerapkan PHBS. Diperlukan komitmen bersama mendorong masyarakat untuk membiasakan aktifitas fisik, menyusun menu seimbang, tidak merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan memeriksakan kesehatan secara rutin serta mempraktekkan sanitasi yang sehat.

“Saya berpesan pada seluruh peserta untuk mengoptimalkan keilmuan yang didapatkan pada kegiatan ini dan disebarluaskan pada sekolah dan lingkungan sekitar. Semoga seluruh krida dapat berperan serta dalam mensukseskan Germas sebagai wujud bakti pada masyarakat dan lingkungan,”katanya.

Sekjen Kwartir cabang Kota Tangerang Selatan Nandang, berharap kegiatan Pertihusada dapat berkelanjutan dalam mendidik kader kesehatan.

“Melalui kegiatan ini, bisa memperkuat silaturahmi dan menjadikan peserta menjadi kader kesehatan dalam binaan kwartir cabang dan ranting” katanya.(ADV)

Check Also

Ini Tips Anak Tetap Sehat Selama Ikut PTM Terbatas

Kota Tangerang, Fixsnews.co.id- Setelah kasus positif covid-19 relatif turun, pemerintah memberikan lampu hijau agar sekolah …