oleh

Gerakan Literasi Masyarakat, Sekcam Batuceper : Bangkitkan Budaya Gemar Membaca

Kota Tangerang, Fixsnews.co.id- Sekretaris Camat (Sekcam) Batuceper Maulana A. Damanik mengajak masyarakat membudayakan gemar membaca. Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pembudayaan Kegemaran Membaca Tingkat Daerah Provinsi Tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten di Aula Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, Rabu (1/12).

Maulana mengatakan, situasi pandemi dua tahun terakhir ini minat membaca masyarakat menurun. Penyebabnya, pada masa pandemi ini masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah dan lebih banyak waktu dalam bermain game dan media sosial di ponsel.

Padahal, menurut Maulana ponsel bisa digunakan bukan sekedar bermain game dan media sosial. Melalui ponsel kita justru bisa membangkitkan budaya membaca bagi masyarakat.

“Mari kita Bangkitkan Budaya Gemar Membaca. Sebenarnya ponsel dan komputer dapat dijadikan sarana penguatan Literasi. Budaya membaca masyarakat dapat dibangkitkan dengan membaca melalui aplikasi e-book yang berisikan ilmu pengetahuan atau situs ilmu yang mereka butuhkan. Sehingga secara tidak langsung kita mengenal budaya membaca melalui alat yang disukai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Maulana juga menyampaikan beberapa usaha yang bisa dilakukan orang tua agar anak gemar membaca, diantaranya, ciptakan tempat yang nyaman untuk membaca. Beri contoh oleh orangtua dengan rajin membaca. Biarkan anak memilih buku yang akan dibaca dengan tetap mengarahkan. Ciptakan kegembiraan. Jadikan buku adalah bagian dari keseharian anak-anak. Pancing sifat kritis anak terhadap buku. Berikan variasi bacaan agar anak tidak bosan. Selain itu, Katrina berharap kegiatan gemar membaca dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga gerakan literasi masyarakat dalam kegiatan pembudayaan kegemaran membaca tingkat daerah provinsi tahun 2021 dapat bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Dalam kegiatan yang bertema ” Pilar Terwujudnya Masyarakat Cerdas”, turut hadir Sekrertaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten Ardius Prihantono, Anggota DPRD Provinsi Banten Hilmi Fuad dan Kepala DPAD Kota Tangerang Meita Bachraini ST. M.Si sebagai pemateri.(ADV)

News Feed