Inspiratif, di Masa Pandemi Dokter Karel Saragih Terbitkan Buku Antologi Puisi Refleksi Diri

Tangerang,Fixsnews.co.id-Pandemi Covid-19 di awal 2020 bukanlah penghalang bagi tenaga kesehatan (Nakes) untuk terus berkarya, bahkan mampu melahirkan sebuah karya. Hal itu dibuktikan seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Karel Dourman Hotman Saragih, Sp.PD, Sp.JP, FIHA yang berhasil merampungkan buku kumpulan (antologi) puisi yang berjudul Refleksi Diri. Ditengah kesibukannya sebagai dokter yang menjadi garda terdepan untuk memerangi COVID-19 tidak menghalangi seorang Karel Dourman menyalurkan hobinya dari dunia tulis menulis.

Baca Juga : Long Covid
Pemerintah Beri Izin ASN Mudik, Begini Ketentuan Cuti ASN Pada Masa Idulfitri

“Pandemi Covid-19 bukan suatu hal yang menjadi hambatan maupun jembatan penghalang bagi saya untuk terus berkarya. Saya tidak pernah merasa lelah maupun frustasi karena menulis adalah bekerja untuk keabadian, ” ungkap dr. Karel Dourman Hotman Saragih, Sp.PD, Sp.JP, FIHA saat ditemui Fixsnews.co.id, Minggu (17/4/2022).

Karel mengungkapkan, buku kumpulan puisi setebal 254 halaman berisi 115 puisi yang sarat pesan semangat dan perjuangan terinspirasi berdasarkan pengalaman sendiri dalam menjalankan tugas penanggulangan pandemi Covid-19.

“Saya bersyukur, meski suasana pandemi masih dapat memanfaatkan waktu dengan bijak dan positif. Kumpulan puisi tersebut merupakan ungkapan hati saya selama bertugas sebagai dokter yang menjalankan tugas penanggulangan pandemi Covid-19. Akhirnya bisa dirampungkan naskah dan editing “Refleksi Diri”, ” Ungkap Karel.

 

Bapak tiga anak yang menamatkan pendidikan Kedokteran Umum di Univeristas Indonesia pada tahun 1987 dan mendapatkan gelar spesialis Penyakit Dalam di Universitas yang sama pada tahun 1997 dan spesialis Jantung Pembuluh Darah pada tahun 2009 berharap buku kumpulan puisi Refleksi Diri bisa sebagai edukasi sekaligus inspirasi keteladanan bagi generasi Indonesia.

“Buku kumpulan puisi Refleksi Diri sudah terbit dan dipasarkan dengan dua jenis cetakan. Untuk edisi hitam putih (siluet) Rp 75.000 per buku dan edisi terbatas ( hanya 100 buku) berwarna Rp 200.000. Bagi yang berminat dapat memesan melalui aplikasi Whatsapp, _0817711705 (Enzo), Official IG: @KDHS_drk. Selain itu tersedia juga di toko online Tokopedia dengan bebas ongkir,https://www.tokopedia.com/kdhs/refleksi-diri-buku-kumpulan-puisi-penulis-dr-karel-dourman-hs, ” katanya.(Nya)

Salah satu puisi di buku Refleksi Diri

Long Covid

Paruh baya
Kena Covid dirawat lama isoman lanjut
Sesak berdahak berdetak Irama tak senada
Rawat lagi kembali

Long Covid?

Dada berat penat
Tidur susah mengerang sakit
Tak bertenaga meletih
Otot merintih

Bertanya kapan keluhan berkurang
Ingin pulang Apakah oksigen harus terus?
Gangguan fungsi jantung saat virus tiada
Kondisi ini Mengapa?

Sesak nafas
Otot nyeri
Pening
Ingatan sering melupa iba

Long Covid
Late inflammation reaction hipotesis

Anti inflamasi diberi
Steroid pilihan pantau ketat akibat

Terapi bermata dua
Selalu diberi hati-hati
Keluhan mereda penting

Long Covid ada dan tiada

Tergantung komorbid sebelumnya

Kalau ada
Kekerapanpun bertambah

Long Covid
Gejala sisa terbawa lama

Semoga pulih tanpa penyulit amati

Paruh baya
Hendaya melemah
Long Covid menyerta

Bara Corona ditinggal Menyala
Bila-bila menjelma parah

Awasilah
Waspadalah

Badai sitokin mungkin sudah berlalu
Jejas melesak tampak

Paruh baya komorbid bersama

Jantung terkena?

Ya Aritmia