Jangan Basahi, Begini Pemakaian Masker Dengan Benar

Fixsnews.co.id-Dokter Spesialis Paru dari Tim Dokter KKHI Madinah dr Andi Yanti mengatakan, pemakaian masker dapat menyaring berbagai bakteri,virus, dan jamur masuk ke saluran nafas. Sehingga seseorang dapat terlindungi tidak hanya dari COVID-19, melainkan juga penyakit akibat pernafasan lainnya.

“Masker tidak hanya mencegah COVID-19 tapi juga mencegah penyakit saluran pernafasan” tegas dr. Andi, dikutip dari laman resmi Kemenkes,Senin (4/7).

Menurut dr. Andi, masker harus dipakai dengan benar dan sama sekali tidak boleh dibasahi, karena malah akan menurunkan bahkan menghilangkan efektivitas masker dalam menyaring partikel membahayakan.

“Jangan sama sekali, tidak boleh. Itu justru merusak membran dari masker untuk menyaring virus dan bakteri” tegasnya lagi

Saran dr. Andi, memakai masker yang benar harus menutupi mulai dari pangkal hidung sampai seluruh mulut juga harus tertutupi, tidak boleh ada celah. Setiap enam sampai delapan jam pemakaian, masker juga harus diganti.

“Kalau kena cairan atau basah, masker juga harus diganti. Karena kalau sudah kena cairan, membran maskernya sudah rusak, jadinya untuk menyaring virus dan bakteri sudah tidak bagus lagi,” katanya.(Ben)