Pakistan Alami Gelombang Panas dengan Suhu di Atas 50 Derajat Celsius

Berita Utama13 views

Caption:Para pria mengendarai sepeda motor sambil menutupi kepala mereka dengan kain basah untuk mendinginkan dan menghindari sinar matahari saat gelombang panas terus berlanjut di Jacobabad, Pakistan, 26 Mei 2024. (Foto: Reuters)

Fixsnews.co.id- Suhu melonjak di atas 50 derajat Celsius di beberapa daerah di Pakistan pada hari Senin (27/5), sementara gelombang panas yang masih terus terjadi melanda lebih banyak lagi wilayah, termasuk di distrik di bagian selatan, Sukkur.

Gelombang panas itu diperkirakan akan terus berlangsung setidaknya selama beberapa hari lagi.

Para dokter merawat korban sengatan panas di rumah sakit-rumah sakit di berbagai penjuru Pakistan.

Tempat-tempat meringankan sengatan panas yang dikelola para sukarelawan telah didirikan untuk menyediakan air es bagi warga di Sukkur. Warga di sana mengatakan pemerintah tidak melakukan apa pun untuk membantu mereka.

Saleem Abas, warga setempat, mengatakan, “Panas sekali, apa yang harus kami lakukan? Kami harus keluar rumah untuk bekerja. Untuk melindungi diri, kami minum air tebu dan air dingin. Kami tidak punya banyak pilihan.”

Orang-orang juga mendatangi kawasan Sungai Indus yang populer untuk menyelamatkan diri dari suhu panas ekstrem.

Departemen Meteorologi Pakistan mengatakan negara itu dapat mengalami lebih banyak lagi suhu sangat tinggi sebelum hujan pada musim mendatang. Para pejabat mengatakan gelombang panas sekarang ini terjadi karena perubahan cuaca dan ini merupakan bencana terbaru yang terkait iklim di negara itu dalam beberapa tahun ini.(VOA/03)