Pemkot Tangerang Gelar PiN Polio, Pj Wali Kota Nurdin : Penting Dilakukan Sejak Dini

Tangerang,Fixsnews.co.id- Dalam upaya pencegahan penyakit sejak dini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dengan sasaran 245.257 anak usia 0 s.d 07 tahun. Putaran pertama dilaksanakan pada tanggal 23-29 Juli 2024, dan putaran kedua pada tanggal 6-12 Agustus 2024. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, dalam kesempatannya, mengatakan, PIN Polio sangat penting dilakukan sejak dini bagi masa depan generasi penerus bangsa. 

“Hari ini kita melaksanakan PIN Polio secara serentak di Kota Tangerang. Sehat itu murah, tapi menjaga kesehatan itu mahal. Oleh karena itu, Pemkot terus mendorong semua pihak untuk bersama-sama menjaga kesehatan masyarakat. Salah satunya melalui PIN Polio ini,” ujar Pj Wali Kota, saat membuka pelaksanaan PIN Polio yang yang berlangsung di Sekolah Harapan Bangsa, Moderland, Selasa (23/7). 

Lebih lanjut, Dr. Nurdin, mengatakan, salah satu upaya penting dalam menjaga kesehatan adalah dengan melakukan imunisasi. Imunisasi terbukti efektif dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya, termasuk Polio. Meski Indonesia telah dinyatakan bebas Polio sejak tahun 2004, namun dua tahun lalu, penyakit Polio kembali muncul di dua wilayah di Indonesia.

“Kemunculan kembali Polio ini menjadi peringatan bagi kita semua bahwa penyakit ini masih ada, dan bisa menyerang kapan saja. Maka dari itu, kita dorong para tenaga kesehatan, para kader untuk menggelorakan kegiatan PIN Polio yang di mulai hari ini,” jelas Dr. Nurdin.  

Dr. Nurdin, juga menyampaikan, PIN Polio ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan anak-anak terhadap virus polio. “Kita berharap anak anak dari usia 0-7 tahun semuanya bisa mendapatkan PIN Polio. Dengan kekebalan yang kuat, anak-anak akan terhindar dari penyakit polio yang sangat berbahaya,” sambungnya.

Mantan Kepala Pusdatin Kemendagri ini, menghimbau kepada seluruh orang tua di Kota Tangerang untuk membawa anak-anak mereka ke pos pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi Polio. 

“Mari kita jaga kesehatan anak-anak kita dan ciptakan generasi yang sehat dan bebas dari penyakit Polio,” pungkasnya.(Awr)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan