Pemkot Tangerang Miliki Program Layanan Psikologi Gratis untuk Warganya

Tangerang,Fixsnews.co.id- Isu mengenai kesehatan mental memang kian marak dibahas diberbagai kalangan. Selain fisik, kesehatan mental juga tidak kalah penting. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan konsultasi kepada ahlinya, seperti konselor, psikolog, atau psikiater. 

Dalam hal ini, Pemerintah Kota Tangerang melalui Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang berada dalam naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), menyediakan layanan psikologi gratis untuk warga Kota Tangerang.

“Program ini dibuat secara serius, untuk membantu masyarakat Kota Tangerang mendapat layanan konseling atau konsultasi dengan tenaga ahli konselor dan psikolog. Ini dapat dimanfaatkan seluruh warga Kota Tangerang secara gratis, atau tanpa dipungut biaya,” tegas Arief R Wismansyah, Wali Kota Tangerang.

Sementara itu, Ketua Puspaga, Kota Tangerang, Sri Damayanti mengungkapkan dalam layanan paikologi gratis ini, Puspaga menerima konsultasi terkait orang tua yang anaknya memiliki permasalahan terlalu aktif, kesulitan dalam belajar, kebingungan dalam mendidik, menghadapi perubahan masa remaja anak, bahkan candu pada satu aktivitas.

“Selain itu, Puspaga juga memberikan konseling dan konsultasi bagi kalian yang ingin menikah atau yang ingin menjadi calon orang tua. Tak sedikit, juga dimanfaatkan untuk konsultasi soal asmara, pendidikan, urusan kantor, hingga masalah pribadi. Semua obrolan dijamin kerahasiaannya,” papar Sri.

Ia pun menjelaskan, untuk mendapat layanan psikologi gratis ini, masyarakat bisa mengakses pendaftaran online, lewat link yang tersedia pada bio instagram @puspaga.tangerangkota atau langsung whatsapp ke nomor 0813-9884-7460. Selanjutnya, pemohon akan diminta untuk mengisi data diri, keluhan atau tujuan konsultasi.

“Petugas selanjutnya akan memberikan jadwal konseling sesuai jadwal yang telah disepakati. Layanan ini, juga bisa dimanfaatkan sepenuhnya secara online, tanpa bertemu dengan ahli konselor atau psikolog. Namun, jika konseling dilakukan offline peserta harus membawa KTP dan KK,” jelasnya.

“Puspaga Kota Tangerang terletak di Gedung Cisadane, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Dengan waktu layanan mulai pukul 09.00 wib hingga 15.00 wib, setiap hari Senin hingga Jumat,” tambah Sri.

Sebagai informasi, Puspaga Kota Tangerang berdiri pada tahun 2019, ditujukan sebagai tempat pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas orang tua dan keluarga. Tak terkecuali mereka orang yang bertanggung jawab terhadap anak dalam menjalankan tanggung jawab mengasuh dan melindungi anak.

Puspaga Kota Tangerang memiliki tiga bentuk pelayanan yang berbentuk preventif dan promotif. Diantaranya, layanan pencegahan dan informasi, layanan konsultasi dan konseling, serta perjangkauan. Dengan bentuk layanan Puspaga yang utama ialah pencegahan, penyadaran, sosialisasi bimbingan dan pendampingan keluarga.(ADV)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan