Penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Kelurahan Sudimara Jaya Terapkan Prokes Ketat

TANGERANG, Fixsnews.co id- Kelurahan Sudimara Jaya menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) dari kementerian Sosial dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat di SD negeri Sudimara Timur, Ciledug. Kamis (14/1/2021).

Lurah Sudimara Jaya Abdul Haki mengatakan, penyerahan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat saat ini Kota Tangerang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

” Hari ini kita distribusi BST kepada KPM, sudah kita atur supaya pembagian sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Semua dijadwal waktunya, diatur jaraknya, wajib pakai masker dan cuci tangan,” kata Abdul Haki.

“Apabila adanya kerumunan akan dibubarkan oleh petugas penegakan hukum protokol kesehatan penegakan Covid-19. Hal itu dapat kita pahami tetapi kerumunan tidak akan pernah kita toleransi,” tambahnya.


Abdul Haki menerangkan, Penerima bantuan BST menerima uang tunai sebesar Rp 300.000 per KK serta wajib datang menunjukkan undangan dan KTP.

“Kalau yang mengambil bukan nama yang terdaftar, misal dari anggota keluarga lain, maka mereka membawa undangan, KTP asli, dan KK,” katanya.

Abdul Haki mengatakan, ada 702 warga yang menerima BST dikelurahan Sudimara Jaya.

” Data awal, ada 1344 warga penerima BST, namun setelah didata dan diverifikasi ada pengurangan 642 orang sehingga hanya 702 orang yang mendapat BST hari ini.  Program BST ini bertujuan untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat akibat pandemi Covid-19. Maka gunakan sebaik-baiknya, sesuai kebutuhan masing-masing,”  kata Abdul Haki.

Sementara salah satu penerima BST Dahlia mengaku sangat terbantu dengan adanya penyaluran bantuan program Kementerian Sosial tersebut.

“Saya menerima dan mengambil sendiri dana BST. Penggunaannya, saya pakai untuk beli beras,” ujar Dahlia, warga RT 02/10 Sudimara Jaya.

Dahlia juga mengapresiasi kinerja penyelenggara jajaran pemerintahan atas bantuan ini, khususnya kepada kelurahan Sudimara Jaya, ketua RT 02/010 Sutarma Idris dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Sudimara Jaya yang dikomandoi Nani Haryani .

” Terima kasih kepada jajaran Keluran Sudimara Jaya, khususnya ketua RT 02/010 Sutarma Idris dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang dikomandoi Kasi Kemas Sudimara Jaya Nani Haryani yang bekerja tanpa lelah mulai dari pendataan, proses verifikasi dan penyaluran BTS ini,” katanya.

” Apalagi sekarang ekonomi masyarakat sedang merosot, bantuan ini sangat berarti bagi keluarga kami. Sebab diakhir- akhir ini sumber pendapatan warga rata-rata boleh dikatakan tidak ada sama sekali. Maka dengan adanya BTS ini terasa meringankan dan pastinya akan kami manfaatkan sebaik-baiknya” tambahnya.(ben)