Peringatan Hari Lansia, Pemkab Tangerang Ajak Warga Hidup Sehat dan Bahagia di Usia Senja

TANGERANG,Fixsnews.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mengadakan berbagai kegiatan yang mengedukasi warga hidup sehat dan bahagia di usia senja. Acara ini digelar bertepatan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024 di Gedung Serbaguna Kabupaten Tangerang, Selasa (16/7/2024). Kegiatan yang dihadiri 250 lansia dan lebih 100 peserta hadir secara online ini bertema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Ahmad Muchlis mengatakan, peringatan ini melibatkan berbagai kegiatan yang berfokus pada kesehatan dan kebahagiaan di usia senja. Ia menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Kegiatan pertama adalah senam, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan seperti cek lingkar perut, berat badan, tekanan darah, serta pemeriksaan laboratorium untuk gula darah, asam urat, dan kolesterol,” jelasnya.

Selain itu, para lansia juga diberikan materi terkait psikologi dalam menyongsong masa tua. Hal ini untuk memberikan pemahaman bagi para lansia untuk bisa lebih baik dalam menjalani hidup dengan lebih bahagia.

“Harapannya, para lansia dapat menjalani hidup dengan bahagia dan berbagi ilmu serta pengalaman kepada anak-cucu,” kata dia.

Ia menyampaikan, acara ini diikuti oleh seluruh lansia di 29 kecamatan dan pemegang program lansia dari 44 puskesmas. Serta dukungan dari tiga rumah sakit dalam melakukan pengecekan kesehatan lansia, yaitu RS Ibu dan Anak Tiara, RS Harapan Mulya, dan RS Ibu dan Anak Selaras.

“Kami juga menyiapkan tim emergency dari PSC 119 Kabupaten Tangerang. Alhamdulillah ambulans tidak ada yang bergerak, semua sehat dan terjaga kesehatannya,” ujarnya.

Muchlis juga mengimbau para lansia untuk mengikuti program Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) di puskesmas setiap bulannya untuk menjaga kesehatan mereka secara berkelanjutan. “Kita juga mengimbau kepada para lansia untuk mengikuti program prolanis di puskesmas setiap bulannya,” tutur dia.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asda II), Syaifullah berharap kegiatan ini dapat membantu para lansia tetap sehat dan bugar, serta dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari sesuai harapan dan keinginan mereka.

“Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan kegiatan hari lanjut usia, mudah-mudahan dengan kegiatan ini orang tua kita tetap sehat dan dapat melaksanakan aktivitas tanpa kendala,” tutupnya.

Sebelum Hari Lansia, Pemkab Tangerang juga mengadakan kegiatan santunan anak yatim dalam rangka memperingati 10 Muharram.

Dengan harapan seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang selalu peduli kepada masyarakat yang tidak mampu, khususnya anak yatim piatu, agar mereka mendapatkan hak hidup yang layak, terutama dalam hal pendidikan.(Len)