Peringati May Day Bersama Buruh, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten Sosialisasikan MLT Perumahan

Banten, Fixsnews.co.id- BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kanwil (Kantor Wilayah) Banten menyosialisasikan program Manfaat Layanan Tambahan (MLT) perumahan dan membagikan paket sembako saat perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023 yang disampaikan oleh Asisten Deputi Bidang Pelayanan Wilayah Banten Tri Pambudi Santoso. Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten Jalan Ahmad Yani No. 154 Kota Serang, Jumat (5/5/2023) berlangsung menghibur dan menyenangkan bagi peserta.

“Hari ini kami memperingati bersama Hari Buruh Internasional atau May Day bersama bersama buruh/ Serikat pekerja yang memberikan pengalaman baru terkait manfaat tentang fasilitas pembiayaan rumah dalam Program Jaminan Hari Tua (JHT), mulai dari tata cara pemberian, persyaratan dan jenis manfaat layanan tambahan, serta tentang kelebihan dan cara penggunaan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) ,” kata Pps. Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten Galuh Santi Utari dalam keterangan persnya di Kota Serang, Jumat (5/5/2023).

 

Galuh Santi Utari mengatakan, May Day tahun 2023 ini mempunyai tema “Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri”. Dirinya berharap momen peringatan May Day ini BPJamsostek dapat memberikan kesejahteraan bagi pekerja dan keluarganya.

“Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas pembiayaan rumah dalam Program JHT yang bisa diperoleh para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sesuai Permenaker 17/2021 ada tiga jenis MLT perumahan dari program JHT, yakni Pembiayaan Uang Muka Perumahan (PUMP), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP). MLT ini bisa dipergunakan oleh peserta program JHT dengan syarat diantaranya belum memiliki rumah, terdaftar sebagai peserta JHT selama minimal satu tahun, tertib administrasi dan aktif membayar iuran, serta bekerja di perusahaan yang bukan Perusahaan Daftar Sebagian (PDS), ” kata Galuh Santi Utari.

 

Lanjut Galuh Santi Utari menjelaskan, manfaat layanan tambahan dalam program JHT ini bertujuan memberikan kemudahan dan kepastian dalam memiliki rumah, mendukung pemerintah dalam mensukseskan program sejuta rumah, meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan kerja.

 


“Dengan adanya MLT berupa fasilitas pembiayaan rumah untuk peserta semoga dapat memberikan kesadaran pada masyarakat khususnya bagi pemberi kerja bahwa pentingnya terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selain peserta diberikan jaminan sosial ketenagakerjaan peserta juga mendapatkan manfaat lainnya dari menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Galuh Santi Utari.

Galuh Santi Utari juga menjelaskan manfaat penggunaan aplikasi JMO kepada peserta. Aplikasi JMO merupakan salah satu upaya BPJamsostek untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan kepada peserta. Dengan menggunakan aplikasi JMO, maka pencairan klaim tidak membutuhkan waktu lama bahkan bisa dilakukan di mana saja tanpa harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

 

“Caranya, download aplikasi JMO melalui Play Store dan App Store. Didalamnya ada fitur-fitur unggulan seperti pendaftaran kepesertaan jamsostek, pembayaran iuran, kartu digital, pengkinian data, cek saldo JHT dan JP, simulasi saldo JHT dan KP, pengajuan dan pelacakan klaim JHT, serta layanan lainnya yang dapat dimanfaatkan peserta,” katanya.

Lanjutnya menerangkan, terdapat juga fitur pendaftaran BPU yang bernama “SERTAKAN” (Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda) . Melalui gerakan ini, BPJamsostek ingin mengajak seluruh pekerja formal atau Penerima Upah (PU) turut peduli terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan para pekerja BPU yang ada di sekitar mereka.

“Ini merupakan pengembangan dari menu pendaftaran peserta yang sebelumnya sudah ada di JMO. Inovasi yang kami lakukan merupakan jawaban atas kebutuhan para peserta yang selama ini peduli terhadap perlindungan dan kesejahteraan para pekerja BPU di dekat mereka, seperti asisten rumah tangga (ART), supir pribadi atau petugas keamanan komplek perumahan,” terangnya. (Ben)