Sidoarjo, Jatim|Fixsnews.co.id- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan rumah tangga dan usaha kecil dengan mempermudah proses pembayaran tagihan gas bumi. Kini, pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan lebih fleksibel melalui berbagai kanal, baik digital maupun ritel.
PGN menawarkan beragam opsi loket pembayaran untuk memastikan kenyamanan pelanggan. Pembayaran dapat dilakukan di minimarket seperti Alfamart, Indomaret, dan Alfamidi yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, pelanggan juga dapat membayar tagihan melalui aplikasi digital MyPertamina, Pegadaian, layanan perbankan melalui bank transfer, serta e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Dompet digital seperti Gopay, Dana, dan LinkAja juga tersedia sebagai pilihan pembayaran.
“Sebagai bagian dari upaya kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, kami menghadirkan lebih banyak opsi pembayaran yang mudah dijangkau. Dengan demikian, pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhannya,” ungkap Sekretaris Perusahaan PGN, Fajriyah Usman, pada 18 Februari 2025.
Tagihan gas bumi PGN dihitung berdasarkan jumlah pemakaian yang tercatat pada meter gas pelanggan. Setiap bulan, tagihan akan muncul pada tanggal 6 dan dapat dibayarkan hingga tanggal 20 melalui kanal pembayaran yang tersedia.
Untuk membantu pelanggan dalam mengelola konsumsi gas, PGN juga menyediakan aplikasi PGN Mobile. Aplikasi ini memungkinkan pemantauan pemakaian gas secara real-time, sehingga pelanggan dapat lebih mudah mengelola anggaran bulanan mereka.
“Kami terus berupaya meningkatkan kenyamanan pelanggan, salah satunya dengan menghadirkan PGN Mobile. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk memantau konsumsi gas secara langsung, sehingga mereka bisa lebih mudah mengelola anggaran bulanannya,” tambah Fajriyah.
Bagi masyarakat yang ingin menikmati manfaat gas bumi dari PGN, pendaftaran pelanggan baru dapat dilakukan secara online melalui situs resmi www.pgas.id. Seluruh tahapan proses berlangganan dan pemasangan dapat dipantau langsung melalui aplikasi PGN Mobile.
Saat ini, PGN telah melayani lebih dari 800.000 rumah tangga di seluruh Indonesia dan terus memperluas jaringan gas bumi ke berbagai wilayah. Sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina, PGN berkomitmen untuk memperkuat ketahanan energi nasional dengan menyediakan akses energi yang andal, efisien, dan ramah lingkungan bagi masyarakat.(Dilli)