Prancis Kandaskan Impian Ronaldo dalam Drama Adu Penalti Piala Eropa

Caption: Mike Maignan dan Theo Hernandez dari Tim Nasional Prancis merayakan setelah memenangkan kemenangan mereka dalam adu penalti Euro 2024 di Jerman, 5 Juli 2024. (Foto: REUTERS/Carmen Jaspersen)

Fixsnews.co.id- Skuad Prancis sukses menaklukkan Portugal melalui adu penalti dengan skor 5-3. Sebelumnya, kedua tim menyudahi perempat final Kejuaraan Eropa pada Jumat (5/7) dengan hasil imbang tanpa gol. Kekalahan tim Selecao tersebut diperkirakan akan menjadi akhir dari karier internasional sang legenda sepak bola, Cristiano Ronaldo.

Pemain Prancis Theo Hernandez mencetak gol kemenangan dengan tembakan sempurna setelah tendangan ketiga pemain Portugal, Joao Feli, membentur tiang. Prancis kini akan berhadapan dengan Spanyol di semifinal pada Selasa (9/7) di Munich.

Kekalahan Portugal tersebut akan mengakhiri karier internasional Ronaldo (39 tahun) yang telah mewarnai sepak bola nasional Portugal selama 21 tahun. Dalam laga tersebut, Ronaldo berhasil mengonversi tendangan pertama mereka dalam adu penalti. Namun ia juga bertanggung jawab atas salah satu dari banyak kegagalan yang terjadi malam itu.

Kesuksesan Prancis menembus babak semifnal tersebut merupakan obat penawar atas kekalahan Tim Les Bleus yang kalah dalam adu penalti pada laga Euro lalu. Saat itu, mereka disingkirkan Swiss di babak 16 besar. Kekalahan ‘si Ayam Jago” itu kembali terjadi pada laga final Piala Dunia 2022 saat berhadapan dengan Argentina.

Penggemar Portugal terlihat sedih setelah Tim Selecao kalah dalam adu penalti saat melawan Prancis pada laga Euro 2024, Jerman, 5 Juli 2024. (Foto: REUTERS/Carmen Jaspersen)

Ousmane Dembele, Youssouf Fofana, Jules Kounde dan Bradley Barcola semuanya berhasil mencetak gol penalti untuk kemenangan Prancis.

Pertandingan yang berjalan lambat berakhir dengan segudang peluang yang terbuang di kedua sisi, dengan peluang bersih bagi kedua belah pihak di 90 menit serta setengah jam perpanjangan waktu.

Tim nasional Prancis saat ini telah mencapai babak semifinal tanpa pernah mencetak gol dalam permainan terbuka di turnamen ini. Mereka telah memanfaatkan dua gol bunuh diri dan satu penalti dalam empat pertandingan sebelumnya.

Namun, Prancis juga berhasil menjaga gawangnya tetap bersih dalam pertandingan terbuka di Euro 2024. Kiper Mike Maignan melakukan dua penyelamatan krusial dalam pertandingan semalam yang membuktikan menjadi faktor kunci bagi timnya.

Masa depan Ronaldo bersama Portugal setelah 212 pertandingan dengan menyumbangkan 130 gol kini akan segera berakhir. Dia berada di tim Portugal yang mengalahkan Prancis di final Euro 2016 di Paris, meskipun Ronaldo harus keluar lebih awal karena mengalami cedera dan terus menyemangati mereka dari pinggir lapangan.

Di samping Ronaldo, Pepe (41 tahun), pemain tertua Portugal yang bermain di Euro, nampaknya juga akan mengakhiri karier internasionalnya.

“Sepak bola begitu kejam… dan kesedihan adalah bagian tak terpisahkan darinya. Kami berusaha keras untuk memenangkan pertandingan demi negara kami dan menghadirkan kebahagiaan bagi rakyat kami,” ujar Pepe, yang melakukan beberapa tekel yang luar biasa. “Hanya lima hari yang lalu kami menang dalam adu penalti, dan sekarang kami harus menerima kekalahan dalam adu penalti,” ujarnya.(VOA/03)