Ratusan Calon Siswa SMPN 5 Pasarkemis Ikuti MPLS

Berita Utama487 views

Caption : Drs. H. Maksum, M.Pd. sedang menyematkan papan nama kepada calon siswa dalam pembukaan MPLS.

Kabupaten Tangerang, fixsnews.co.id – Sebanyak 288 orang calon siswa SMP Negeri 5 Pasarkemis, Kabupaten Tangerang mengikuti upacara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Selasa (12/7).
Upacara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh semua sekolah untuk memperkenalkan kepada calon siswa tentang kegiatan rutinitas yang akan mereka hadapi setelah sah menjadi siswa sekolah tersebut.
MPLS di SMPN 5 ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal12 sampai 14 Juli 2022. Hari pertama setelah upacara, peserta didik diberi materi Wawasan Wiyata Mandala dan dilanjutkan Tata Tertib Sekolah. Hari kedua calon siswa SMP ini dibekali dengan materi Kenakalan Remaja. Pada sesi ini calon siswa diberi pemahaman tentang bentuk-bentuk perbuatan yang termasuk kategori kenakalan remaja yang bertujuan agar siswa-siswi tidak akan melakukan perbuatan yang termasuk kenakalan remaja. Setelah itu dilanjutkan dengan materi bela negara, tata krama, dan cara belajar efektif.
Hari terakhir diisi dengan mengumpulkan tanaman yang menambah keasrian lingkungan sekolah, kemudian menyaksikan pentas seni perkelas, dan diakhiri dengan upacara penutupan.
Kepala SMPN 5 Pasarkemis, Drs. H. Maksum, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan merasa senang dengan calon siswa-siswi yang semuanya hadir tepat waktu dan antusias untuk mengikuti kegiatan MPLS ini.
“Selamat datang dan selamat untuk menjadi warga dan keluarga besar sekolah ini. Kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik semasa duduk di bangku SD, jangan dibawa. Jadilah pribadi yang baik, berakhlak karimah.” Ujar Maksum.
Di akhir sambutan, Maksum berpesan agar semua calon siswa mengikuti aturan yang berlaku di SMPN 5 ini. Serta melaksanakan semua tanggung jawab sebagai pelajar dengan baik serta menjaga nama baik sekolah.
Dalam kegiatan ini, Maksum mengesahkan calon siswa dengan menyematkan papan nama kepada dua orang siswa sebagai simbolis diterimanya mereka menjadi siswa-siswi SMPN 5 Pasarkemis.
Selesai upacara, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Walsa Ruswanto memperkenalkan semua dewan guru yang akan mengajar di Tahun Pelajaran 2022/2023 serta semua karyawan yang bertugas di SMPN 5 Pasar Kemis.
Di lain kesempatan, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan (Wakasis), Aditiawarman menjelaskan, 288 siswa tersebut akan dibagi mejadi sembilan kelas. Masing-masing kelas berisi 32 siswa. Sesuai aturan yang berlaku. “SMPN 5 ini menjadi salah satu sekolah favorit untuk wilayah Kutabumi dan sekitarnya. Banyak warga yang ingin menyekolahkan putra-putri mereka di sekolah ini. Sesuai aturan pemerintah saat ini, penerimaan peserta didik baru terbagi atas jalur zonasi, prestasi, afirmasi, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali, semuanya sudah terisi.” (len/01)