Ratusan Pelaku Seni dan Budaya di Temanggung Ikuti Vaksinasi

TEMANGGUNG, Fixsnews.co.id- Setidaknya 800 pelaku seni dan budaya di Kabupaten Temanggung mendapatkan kesempatan mengikuti vaksinasi massal yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung yang berlangsung di Pendopo Pengayoman, Komplek Rumah Dinas Bupati Temanggung, Jawa Tengah pada Selasa (21/9/2021).

Berbeda dengan vaksinasi yang biasa dilakukan, vaksinasi kali ini diawali dengan treatikal “Sirna Molo” dari pelaku seni yang diadakan secara terbatas di lokasi vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq hadir secara langsung di lokasi vaksinasi didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Saltiyono Atmaji beserta jajarannya.

“Hari ini di Temanggung dilaksanakan vaksinasi untuk para pelaku seni budaya, tidak kurang dari 800 dosis vaksin diberikan kepada para pelaku seni dan budaya, ini kita laksanakan karena Temanggung sekarang berada di level 2, sehingga pertunjukan seni budaya dapat dilaksanakan,” kata Bupati.

Meski demikian, Bupati mengatakan ada berbagai ketentuan untuk bisa melaksanakan pertunjukan seni budaya, diantaranya harus mengikuti petunjuk teknis yang sudah dikeluarkan oleh Dinbudpar, tempatnya harus luas, harus terbuka, harus dengan protokol kesehatan yang ketat dan para pemainnya harus sudah divaksin, para penontonnya juga harus divaksin, karena nantinya harus memakai aplikasi pedulilindungi.

“Untuk itu, maka hari ini para pelaku seni tradisional di Temanggung semuanya mulai divaksin agar pertunjukan seni dan budaya bisa dilaksanakan sesuai dengan standar petunjuk teknis dan sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku ditengah kita semua,” imbuhnya.

Bupati berharap, dengan vaksinasi tersebut, nantinya dunia seni budaya di Temanggung bisa tumbuh lagi, akan tetapi bisa aman dari penyebaran Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para seniman, para budayawan semua yang dengan penuh semangat untuk menjalankan vaksinasi ini. Saya yakin tujuan dari para seniman dan para budayawan adalah untuk kembali membangkitkan gairah seni budaya di Temanggung dan saya yakin teman-teman seniman budayawan se-Kabupaten sudah siap untuk divaksin, sudah siap untuk membuat pertunjukan seni budaya yang sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan pertunjukan seni ditengah-tengah situasi pandemi Covid-19 yang edarannya sudah dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung,” pungkasnya. (TMG/red)