oleh

Varian Omicron Dinilai Lebih Berbahaya, Begini Cara Efektif Cegah penularannya!

Kota Tangerang, Fixsnews.co.id- Ketua IDI Kota Tangerang, dr Emma Agustuni mengatakan, Kehadiran varian baru covid-19 yaitu omicron mengingatkan kita bahwa pandemi belum berakhir. Untuk itu, penting bagi kita tetap melakukan hal-hal yang dapat mengurangi penyebaran virus covid-19.

Diketahui, virus varian omicron dinyatakan lebih berbahaya dan sudah ditemukan disejumlah negara. Terbaru ialah negara Singapore dan Mayalsia. Varian tersebut pertama kali ditemukan di Afrika Selatan.

Dokter Emma Agustuni pun membagikan cara efektif untuk mencegah penularan dan menghindari penyebaran varian omicron. Pertama, pastikan masker benar-benar menutup mulut dan hidung.

“Ganti masker setiap empat jam atau saat sudah basah. Penggunaan masker ganda lapis masker kain juga sangat efektif mencegah penularan,” ungkap dr Emma, Sabtu (4/12/12).

Kedua, kata dr Emma ialah usahakan selalu jaga jarak fisik minimal satu meter. Membuka jendela untuk tingkatkan ventilasi. Cuci tangan pakai sabun sebelum atau sesudah beraktivitas apa pun.

“Ketiga, hindari keluar rumah jika tak ada keperluan yang mendesak. Berada di luar meningkatkan risiko penularan,” katanya.

Keempat, perkuat daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti makan bergizi, perbanyak buah dan sayur, vitamin dan berolahraga teratur.

Kelima, selalu periksa kondisi tubuh anda dan juga keluarga, ketiga saat mengalami perubahan gejala. Seperti demam disertai batuk, kelelahan dan sebagainya. Segera tes covid-19 dan periksa ke dokter.

“Terpenting, pastikan vaksinasi covid-19 karena itu memberikan proteksi diri terhadap virus corona. Terbukti aman dan efektif mengurangi penularan dan gejala covid-19,” tegasnya.(Nya)

News Feed