Belanja Bijak Lewat Aplikasi Segar di Kota Tangerang

TANGERANG, Fixsnews.co.id- Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, harga beberapa komoditas pangan di sejumlah pasar di daerah biasanya mengalami peningkatan. Tak terkecuali di Kota Tangerang.

Menurut Dirut PD Pasar Kota Tangerang, Titien Mulyani, mengungkapkan, sejauh ini sejumlah komoditas di pasar terpantau sebagian mengalami kenaikan. Diantaranya, cabai rawit hijau yang biasanya diangka Rp25 ribu kini sudah diangka Rp40 ribu per kilonya.

“Selain cabai, ada telur yang mengalami kenaikan dari harga Rp24 ribu menjadi Rp28 ribu perkilo. Tak terkecuali ayam broiler yang kini sudah diangka Rp36 ribu, sedangkan harga normalnya diangka Rp30 ribu per ekor,” papar Titien saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/12/20).

Ia pun mengatakan, beberapa komoditas lainnya yang naik namun tidak terlalu signifikan diantaranya kentang dari Rp14 ribu jadi Rp15 ribu per kilo, tomat dari Rp14 ribu jadi Rp 15 ribu per kilo.

“Sedangkan untuk gula, dari Rp11 ribu jadi Rp13 ribu dan Minyak goreng dari Rp11 ribu jadi Rp14 ribu. Adapun kenaikan di komoditas sayur mayur mengalami kenaikan sekitar Rp1.000 sampai Rp2.000 ribu dikarenakan cuaca hujan, sehingga membuat basah dan cepat busuk,” jelasnya.

Ia pun mengimbau, masyarakat Kota Tangerang dapat berbelanja kebutuhan dapur dengan bijaksana. Hal itu bisa dilakukan dengan memantau harga pasar di Aplikasi Segar milik Pemkot Tangerang.

“Masyarakat, saya imbau untuk memantau dan membandingkan harga di pasar-pasar mana yang lebih murah, sebelum berbelanja. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih menekan biaya belanja pengeluaran harian. Terutama jelang natal dan tahun baru ini,” katanya.

Ia pun mengakui, di tengah pandemi Covid-19 PD. Pasar masih terhambat untuk menggelar bazar pasar murah atau sejenisnya. Pasalnya, aktivitas tersebut berpotensi tinggi membuat kerumunan.

“Namun, hingga saat ini PD. Pasar terus melakukan koordinasi ke pihak-pihak terkait. Seperti, DisperindagkopUKM, Dinas Ketahanan Pangan atau pihak kementerian, sekiranya bisa bekerjasama untuk menjual paket sembako murah dengan cara door to door atau cara-cara lainnya,” tuturnya.

Menyiasati situasi Pandemi Covid-19 dan harga komoditas yang sedang naik, lanjutnya, masyarakat Kota Tangerang selain bisa memanfaatkan aplikasi Segar, juga bisa berbelanja produk-produk UMKM Kota Tangerang. “Selain berbelanja juga turut membantu dan memajukan UMKM loh,” pesannya.(hms/ben)