Melalui Bank. BUMN, Pelaku UMKM Tangsel Mulai Menerima KUR Dari Pemerintah Pusat


Kota Tangsel, Fixsnews ,- Para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Tangerang Selatan mulai menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan Pemerintah pusat melalui sejumlah bank BUMN.

KUR sendiri merupakan bantuan pinjaman modal usaha berupa uang tunai yang diberikan Pemerintah pusat dengan bunga 6 persen.

Kepala Koperasi dan UMKM Kota Tangsel Warman Syahnudin mengatakan, pihaknya telah mengkoordinasikan bank-bank BUMN di Kota Tangsel untuk menyalurkan bantuan KUR ke ratusan pelaku UMKM di Kota Tangsel.

“Kita sudah informasikan kepada seluruh pelaku UMKM baik mandiri maupun yang memiliki kelompok jika ingin menambah modal, maka bisa ke sejumlah bank yang telah kita kerjasamakan, untuk pengajuannya,” ujar Warman kepada awak media.

Menurut Warman bank-bank BUMN yang telah bekerjasama menyalurkan KUR diantaranya Bank BRI, Bank BTN dan Bank BJB.

Lebih lanjut Warman mengatakan, jumlah bantuan modal yang diterima pelaku UMKM sangat bervariatif, mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta. Bahkan dari Rp 5 juta hingga Rp 500 juta.
“Bantuan ini nanti disesuaikan dengan tingkatan usaha yang dijalankan pelaku UMKM,” jelasnya.

Warman mengatakan, pelaku UMKM yang hendak mengajukan pinjaman modal akan melalui proses verifikasi dari Bank. Bank akan melakukan asestment terhadap usaha pelaku UMKM untuk menentukan besaran modal yang ideal diterima pelaku UMKM.
“Nanti Bank yang akan evaluasi, akan dilakukan sesuai dengan analisa perbankan,” tukasnya.

Terkait berapa jumlah pelaku UMKM yang menerima bantuan KUR, Warman menjelaskan bahwa data tersebut ada pada pihak perbankan.

“Kalau itu perbankan yang pegang datanya. Kami hanya memfasilitasi dan menginformasikan kepada seluruh pelaku UMKM tentang adanya program ini,” tandasnya. (ss/03)