Setelah Di Revitalisasi, Gedung Juang 45 Dijadikan Sarana Edukasi dan Wisata Sejarah

Daerah197 views

SERANG,Fixsnews.co.id- Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Serang Menghadiri Acara Peresmian Gedung Juang 45 Kota Serang yang sudah dilakukan revitalisasi oleh Walikota H. Syafrudin didampingi Wakil Walikota Serang H.Subadri Ushuludin bersama Dandim, Kapolres dan Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan. Rabu (24/02/2021).

Gedung Juang tersebut diperuntukan sebagai sarana edukasi dan wisata sejarah masyarakat Kota Serang menuju Kota Serang yang berdaya dan berbudaya.

Revitalisasi ini tidak mengubah bentuk keadaan gedung juang yang ada. Jadi tetap seperti gedung juang yang dulu, tiang-tiang nya, pintu dan sebagainya masih seperti dulu. Selain wisata sejarah, gedung juang menghadirkan perpustakaan umum, perpustkaan anak, ruang teater mini dan ruang sejarah digital. Revitaslisasi ini menghabiskan anggaran 4,1 miliar rupiah.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Wahyu Nurjamil mengatakan bahwa, ini merupakan tekad Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk menciptakan perpustakaan yang canggih, nyaman dan terintegrasi.

Canggih dengan melakukan terobosan baru yaitu program e-pusda dimana pembaca cukup dengan mengunduh di Appstore dan terdapat sekitar 1000 jenis buku yang dapat dibaca.

Program pintar buku yaitu, masyarakat tinggal menelfon maka buku akan diantar. Dan jika sudah selesai dibaca, akan dijemput sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia.

Kenyamanan di dalam Gedung ini dapat dilihat dari interior Gedung Juang bagian dalam, dan dibuat sedemikian rupa, sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di perpustakaan dan museum yang sudah dilakukan revitalisasi.

Saya berharap, Kota Serang memiliki wisata sejarah, “Dengan sangat bangga Kami bisa me-launching gedung ini sebagai destinasi sejarah. Tidak hanya masyarakat Kota Serang tetapi bagi seluruh masyarakat Banten pada umumnya.” ungkap Wahyu

Kemudian wahyu menyampaikan bahwa akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, bahwa para siswa SD-SMP akan diadakan kegiatan rutin untuk mengunjungi gedung juang tersebut. (trg)