Hampir Sebulan PSBB, Akhirnya Dana BLT Desa Cikasungka Cair

Kab. Tangerang, Fixsnews ,- Hampir sebulan menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akhirnya Pemerintahan Desa Cikasungka, Kecamatan Solear mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (DD) kepada warganya yang  terdampak Pandemi Covid-19. Sebanyak 226 KK yang telah mencairkan JPS tersebut dari total 278 KK, adapun sisanya masih dalam proses, Sabtu, (16/5/2020).

Kepala Desa Cikasungka M.Supriyadi mengucapkan, Terima kasih kepada pemerintah pusat dan Kementerian Desa yang telah membikin skema pengalihan sebagian dana desa untuk membantu warga terdampak Covid-19. Juga terima kasih kepada teman-teman kepala desa, camat, beserta dinas terkait yang terus lembur beberapa hari ini untuk menuntaskan pendataan, sehingga BLT bisa cair sejak kemarin.

“Dalam BLT Dana Desa, setiap KK mendapat Rp.600.000 per bulan selama tiga bulan, kecepatan penyaluran BLT ini tak lepas dari peran semua pihak yang terus melakukan validasi data calon penerima,” ucapnya.

Ini bukan pekerjaan mudah untuk sinkronisasi data. Sekali lagi, terima kasih kepada bapak/ibu staf Desa Cikasungka dan seluruh tim yang sudah bekerja keras melakukan validasi data sehingga warga bisa mendapatkan manfaat program ini dengan segera.

“Sasaran utama penerima BLT ini, adalah warga miskin yang terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan warga non-DTKS terdampak Covid-19. Mereka diantaranya adalah orang yang kehilangan mata pencaharian akibat covid 19,” ungkapnya.

Selain BLT Dana Desa, warga juga mendapatkan skema bantuan lain, mulai dari Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai, BLT Kemensos, dan program provinsi serta Kabupaten Tangerang.

”Sebagian sudah cair, seperti PKH dan Kartu Sembako yang regular. BLT Kemensos sedang direncanakan agar segera cair. Demikian pula Gugus Tugas Covid-19 juga terus menyalurkan bantuan seperti sembako dan masker untuk masyarakat,” ujarnya.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat yang menerima agar dapat mempergunakan bantuan tersebut sebaik baik mungkin. Dan Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat digunakan sebaik mungkin.

Sementara salah satu warga desa cikasungka yang menerima BLT Sudiatno (45) mengucapkan, rasa syukur dan terimaksih kepada pemerintah. Karena bantuan dari pemerintah sangat berguna dan bermanfaat.

“Alhamdulillah, semoga kedepannya bantuan dari pemerintah seperti ini terus diberikan kepada warga yang kurang mampu, baik itu berupa sembako dan lain-lain, dan semoga Pandemi covid-19 ini juga segera berakhir, sehingga kami bisa bekerja dan beraktivitas kembali seperti biasa, dan bisa mencari rejeki,” pungkasnya.

Pembagian Bantuan BLT disaksikan dan Dihadiri oleh, Bhabinkamtibmas Desa Cikasungka, Bhabinsa Desa Cikasungka, Sekertaris Desa, Ketua BPD Desa Cikasungka, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Karang Taruna, Jaro, RW, RT setempat serta Ketua Umum LSM Gerhana Indonesia, dan Ketua Ormas BPPKB Kecamatan Solear, dan beberapa awak media turut menyaksikan pembagian BLTD.

Untuk diketahui, Tetap tidak meninggalkan protokol PSBB dari pemerintah kabupaten tangerang dilakukan tes suhu badan, penyemprotan dengan cairan disinfektan, mencuci tangan menggunakan hand sanitazer ke tangan para penerima bantuan, dan tetap menggunakan masker, serta menjaga jarak aman (2 meter). (by/02)