Pemkab Tangerang Ajak Masyarakat Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Fixsnews.co.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan bulan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk meningkatkan capaian cakupan imunisasi dasar dan lanjutan. Ajakan ini disampaikan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dalam kegiatan Sosialisasi dan Penggalangan Komitmen Lintas Sektor BIAN.

“Adanya pandemi COVID-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan optimal. Data 2 tahun terakhir di beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang menunjukkan terjadinya penurunan yang cukup signifikan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr. Desiriana Dinardianti pada Rabu (6/7/2022).

Data imunisasi pada tahun 2019 sejumlah 75.383 dari target 76.133 anak usia di bawah 1 tahun yang mendapatkan imunisasi dasar dan lanjutan. Pada tahun 2020 sebanyak 72.089 anak dan 2021 sebanyak 67.048 anak. Hal ini menandakan jumlah anak yang tidak menerima imunisasi rutin lengkap bertambah banyak.

“Dampak dari penurunan cakupan itu dapat dilihat dari terjadinya kasus PD3I di beberapa wilayah seperti kasus Difteri terkonfirmasi positif di wilayah Kecamatan Rajeg 1 kasus tahun 2021 dan 1 kasus di Kecamatan Pakuhaji tahun 2022,” ujarnya.

Dia menambahkan, agar cakupan imunisasi tinggi dan merata di wilayah Kabupaten Tangerang, Pemerintah akan melaksanakan Bulan Imunisasi Nasional yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang. Karena itu Desi meminta kepada seluruh kader kesehatan atau masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Imunisasi ini menjadi salah satu upaya mengurangi dampak signifikan. Oleh karena itu dukungan dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk menyukseskan BIAN pada bulan Agustus mendatang,” kata dia

Sekedar informasi, dalam pelaksanaan Sosialisasi dan Penggalangan Komitmen Lintas Sektor BIAN ini ditandai oleh penandatanganan yang berlangsung di Hotel Yasmin Karawaci oleh lintas sektor terkait, Rabu (6/7/22).(Len)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan