Pemkot Tangerang Lakukan Groundbreaking IPA Sitanala Tahap Satu

Kota Tangerang, Fixsnews.co.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya memenuhi kebutuhan air bersih dan sehat layak konsumsi bagi masyarakat. Salah satunya melalui pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala yang didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten.

Pembangunan diawali dengan kegiatan groundbreaking atau peletakan batu pertama oleh para Forkopimda Kota Tangerang, yang diantaranya Wakil Wali Kota Tangerang, Sekda Kota Tangerang, Ketua DPRD Kota Tangerang, Kajari Kota Tangerang, Kapolres Kota Tangerang, Dandim 0506 Tangerang, Kajati Banten beserta Direktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kementerian PUPR dan Kepala BPPW Banten, yang bertempat di Jalan Dr. Sitanala, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Kamis (7/102021).

Direktur SPAM Kementerian PUPR, Ir. Anang Muchlis, mengatakan, target pembangunan IPA Sitanala dengan kapasitas 500 Liter/Detik akan berlangsung hinga 390 hari ke depan. Proses pembangunan juga akan berlanjut pada tahap kedua dalam rangka menambah kapasitas menjadi 1000 Liter/Detik.

“Pembangunan IPA Sitanala tahap satu ditargetkan selesai dalam jangka waktu 390 hari atau 13 bulan ke depan. Semoga pengerjaannya lancar tanpa hambatan. Untuk tahap satu ini, kita upayakan IPA dengan kapasitas 500 Liter/Detik terlebih dahulu, lalu di 2023 kami akan upgrade kapasitasnya menjadi 1000 Liter/Detik,” ujarnya saat ditemui usai pelaksanaan groundbreaking, Kamis (07/10).

IPA Sitanala berada di zona dua wilayah Kota Tangerang yang mencakup lima kecamatan, yaitu Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, Periuk dan Neglasari. Adapun jumlah sambungan rumah yang tersedia dari IPA Sitanala sebanyak 50 ribu sambungan.

“Dengan begitu, sebanyak 200 ribu jiwa yang akan terlayani oleh IPA Sitanala. Untuk ke depannya, pengelolaan air di IPA Sitanala akan diserahkan kepada PDAM Kota Tangerang,” imbuhnya.

Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sachrudin yang turut serta hadir pada groundbreaking pembangunan IPA Sitanala, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah merespon kebutuhan air bersih masyarakat Kota Tangerang. Ia berharap pembangunan dapat berjalan lancar dan mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Tangerang di zona dua yang memerlukan IPA dengan kapasitas 1000 Liter/ Detik.

“Pemkot Tangerang berterima kasih kepada pemerintah pusat terutama Kementerian PUPR atas percepatan pembangunan yang dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat Kota Tangerang. Semoga pembangunan tahap satu segera rampung dan dapat berlanjut ke tahap dua,” ujarnya.(hms/Pur)