Home / Banten Raya / Penduduk Kota Serang Tahun 2020 Bertambah 42 Ribu Jiwa

Penduduk Kota Serang Tahun 2020 Bertambah 42 Ribu Jiwa

SERANG,Fixsnews.co.id – Wali Kota Serang Syafrudin didampingi Sekretaris Disdukcapil Kota Serang Arif Rahman mengikuti acara rilis bersama data sensus penduduk 2020 dan data administrasi kependudukan 2020 menuju satu data kependudukan Indonesia melalui video conference yang dilaksanakan oleh BPS Pusat dan Kemendagri.

Dimana sensus penduduk ini ada manfaatnya terutama untuk memudahkan pelayanan publik dan perencanaan pembangunan serta alokasi anggaran.

Menurut Wali Kota Serang Syafrudin, saat ini jumlah penduduk Indonesia kalau tidak salah berjumlah 272 juta orang yang mana ada kenaikan yang segnifikan. Untuk Provinsi Banten sebanyak 11.672.000 jiwa, sedangkan untuk jumlah penduduk Kota Serang sebanyak 692.101 jiwa yang semula pada bulan Juni 2020 berkisar 650 ribu. “Untuk Kota Serang ada kenaikan sekira 42 ribu sampai akhir tahun 2020,” ujar Wali Kota Serang kepada awak media diruang kerjanya. Kamis (21/1/2021).

Adanya kenaikan untuk Kota Serang, kata Wali Kota Serang, antara kelahiran dan penduduk yang masuk bertambah. Sedangkan untuk kemudahan akses kependudukan, lanjut dia, akses kependudukan sangat mudah sekali melalui Disdukcapil dengan cepat asal datanya lengkap.

“Program ini juga kaitannya dengan program satu data Indonesia dan menjaga keamanan data penduduk Indonesia,” katanya.

Kata dia, Dimasa pandemi Covid-19 ini juga, pelayanan di Disdukcapil Kota Serang ada peningkatan pelayanan karena pihaknya melayani dengan online.

“Sekarang juga membuat kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lainnya bisa diantar kerumah pembuat, ruang pelayanan juga sudah memadai,” ungkapnya.

Wali Kota Serang juga berpesan kepada Disdukcapil Kota Serang yang berkaitan dengan data penduduk, harus meningkatkan layanan data penduduk bagi kematian. Karena, banyak masyarakat tidak ada yang melaporkan bahwa orang tersebut sudah tidak ada, sehingga data penduduknya masih ada.

“Saya berharap kepada Disdukcapil bisa melayani masyarakat termasuk juga msayarakat yang meninggal dunia agar diintruksikan kepada RT, RW dan lurah agar melaporkan kepada Disdukcapil, sehingga data penduduk ini tidak ganda” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Kota Serang Arif Rahman menambahkan bahwa, untuk data statistik penduduk Kota Serang tahun 2020 sejumlah 692.101 jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki 353.971 jiwa dan penduduk perempuan 338.130 jiwa. “Sek rasio untuk Kota Serang itu 104, 68 persen, untuk laju pertahun 1,78 persen,” tambahnya. (trg)

Check Also

Waspada Gelombang Ketiga, Dinkes Kota Tangerang Imbau Masyarakat Tak Kendor Prokes

Kota Tangerang, Fixsnews.co.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meminta masyarakat Kota Tangerang untuk …