oleh

Musrenbang Kecamatan Mauk Dihadiri Anggota DPRD Dapil Dua

Kota Tangerang (FN),- Kecamatan Mauk akan kembangkan Agro Wisata untuk mengembangkan potensi daerah demi meningkatkan ekonomi rakyat. Hal ini diungkapkan Camat Mauk Arif Rahman Hakim dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Mauk yang digelar di Hotel Istana Nelayan Tangerang, Selasa (11/2).

Menurut Arif Musrenbang Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) Kecamatan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Kecamatan Mauk (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Kecamatan mauk sesuai anggaran yang direncanakan dilaksanakan setiap Januari dan tidak dapat ditunda.

Setiap Kecamatan setelah melakukan Musrenbang tingkat Desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana pembangunan tahun berikutnya RKP yang direncanakan.

“Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh kecamatan bekerja sama dengan Kepala Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Anggota DPRD Dapil kecamatan tersebut, Dinas, Instansi terkait dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan kecamatan, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar kecamatan,” terang Camat Mauk.

Misalnya dalam Musrenbang sekarang ini ada lebih 359 usulan dari masyarakat melalui Musrenbang desa yang diajukan. Usulan Musrenbang tingkat kecamatan itu akan dibawa dalam Musrenbang tingkat selanjutnya, yaitu Musrenbang di tingkat Kabupaten Tangerang.

“ Dalam Musrenbang ini juga dipilih 5 perwakilan Kecamatan Mauk yang akan menghadiri Musrenbang Tingkat Kabupaten Tangerang yang akan digelar dalam waktu dekat ini,” papar Arif lagi.

Masih menurut Arif usulan program pembangunan tersebut meliputi berbagai aspek pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur, pertanian, pariwisata, pendidikan, kesehatan, banjir, dan sampah terutama masalah TPA Jatiwaringin.

Semua usualan pembangunan fisik dan non fisik tersebut yang semata mata untuk kepentingan dan kemajuan Kecamatan Mauk. Saat ini Kecamatan Mauk sedang memprioritaskan pembangunan Pertanian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kegiatan Musrembang 2020 itu selain dihadiri jajaran pemerintah Kecamatan Mauk, juga turut hadir anggota DPRD Kabupaten Tangerang Dapil 2 diantaranya Ahmad Syahril dari Fraksi PKS dan Aida Jubaedah Fraksi Demokrat, H Fachrudin Fraksi PPP, Deni Hendriadi Fraksi Golkar, Nasrulloh Ahmad Jamaludin Fraksi Gerindra, Supardi Fraksi PDIP, Muspika Mauk, para Kades, serta perwakilan dari OPD di lingkungan Pemkab Tangerang. (02)