Peduli Pendidikan, Bupati Serang Raih Penghargaan dari Universitas Indonesia

JAKARTA (FN) –Pemerintah Kabupaten Serang meraih penghargaan bidang pendidikan dari Universitas Indonesia (UI). Penghargaan tersebut, diberikan secara langsung Rektor UI Muhammad Anis kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Menara Bank Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Tatu menjelaskan, penghargaan tersebut diperoleh setelah memberikan beasiswa kepada 13 mahasiswa asal Kabupaten Serang di UI. “Penerima beasiswa dari keluarga tidak mampu yang juga dibekali biaya hidup,” ungkapnya setelah menerima penghargaan di UI Awarding Night, Jumat ( 1/11/2019) malam.

Dia bersyukur atas penghargaan yang telah diraihnya dan berkomitmen akan menjadikan Program pendidikan Kabupaten Serang lebih baik dari sebelumnya. “Penghargaan ini tentunya bentuk motivasi untuk Pemerintah Kabupaten agar menjalankan program dengan baik,”ucapnya.

Ia juga menegaskan,Pemkab Serang akan terus berupaya memperbaiki program Pendidikan agar masyarakat Kabupaten Serang memiliki pendidikan yang bermutu dan berkualitas. “Semoga penghargaan ini semakin memotivasi anak-anak Kabupaten Serang untuk bisa mendapatkan pendidikan di UI,”ungkapnya.

Diketahui, Penghargaan UI Awarding Night 2019 ini merupakan bentuk apresiasi kampus UI kepada para pihak yang telah bersinergi dalam menunjang Tri Dharm Perguruan Tinggi sebagai mitra yang baik di perusahaan, individu, alumni, media massa, dan lembaga. Dengan kategori, bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, alumni inspiratif, media, dan unit kerja khusus pelayanan pengabdian masyarakat.

Perlu diketahui, Pemkab Serang juga sudah menyediakan beasiswa untuk 1.650 siswa sekolah dasar (SD) dengan anggaran Rp 1,65 miliar dan 2.452 siswa sekolah menengah pertama (SMP) dengan anggaran Rp 1,71 miliar.

Sementara itu, tingkat perguruan tinggi terdapat beasiswa vokasi D-1 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) untuk 44 mahasiswa dengan anggaran Rp 352 juta, vokasi D-3 UI untuk 13 mahasiswa dengan anggaran Rp 461,5 juta, pendidikan sarjana kedokteran Untirta untuk 7 mahasiswa dengan anggaran Rp 1,02 miliar. Terakhir, beasiswa sarjana untuk 351 guru PAUD dengan anggaran Rp 1,75 miliar. “ Investasi terbaik untuk masa depan Bangsa ini, sebuah keniscayaan melalui pendidikan, ” tuturnya.

Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis mengatakan, penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada pihak yang berkontribusi bagi UI dan Indonesia. “ucapan terima kasih dan bentuk apresiasi UI kepada segenap mitra UI yang senantiasa mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi UI, baik itu penelitian, pendidikan maupun pengabdian masyarakat,” ungkap Anis.

Pada tahun ini, Kata Anis, penghargaan dari katagori Pendidikan diberikan kepada 115 pihak baik pribadi, lambaga pemerintah, swasta, asosiasi nasional hingga internasional yang berjasa memajukan pendidikan di UI. Sedangkan, katagori Penelitian diberikan kepada 34 pihak terdiri atas para mitra baik perusahaan, individu yang telah dikolaborasi dengan UI sehingga telah mengantarkan beberapa produk inovasi karya civitas UI. “Katagori Pengabdian masyarakat, diberikan kepada 40 pihak yang mendukung program pengabdian masyarakat UI sehingga dapat dirasakan nyata oleh masyarakat, “ ujarnya. (Kominfo/Red)