Lapas Klas 1A Tangerang Kebakaran, Kajari Kota Tangerang Sampaikan Duka Mendalam

Kota Tangerang, Fixsnews.co.id- Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang I Dewa Gede Wirajana, SH. MH. didampingi Kasi Intelijen dan Kasi Pidum Kejari Kota Tangerang menyampaikan duka yang mendalam bagi keluarga korban kejadian terbakarnya Blok C2 Lapas Klas 1A Tangerang.

“Saya menerima laporan kejadian tersebut, Rabu dini hari (8/9/2021) sekitar jam 03.50 WIB tadi dari Kasi Intel kami. Selanjutnya saya perintahkan kasi intel dan kasi pidum untuk segera membantu lapas percepatan evakuasi, melaporkan perkembangan kejadian dan langkah-langkah apa yang akan ditempuh selanjutnya,” katanya.

“Kasi Pidum, saya minta segera berkoordinasi ke rutan dan lapas yang ada di kota tangerang, apakah narapidana yg ada di lapas klas 1 tangerang ada terpidana kami,” tambahnya.

Lanjutnya menerangkan, dari hasil perkembangan informasi terakhir, kejadian tersebut telah memakan korban sebanyak 122 Napi, dimana ada 81 napi yang selamat dan ada 41 orang napi yang menjadi korban meninggal. Dari 41 orang tersebut, yang berstatus narapidana dalam perkara yang ditangani kejari kota tangerang ada 11.

“Secara keseluruhan 41 orang napi tersebut, ada 2 WNA dari afrika selatan dan portugal. Dan secara rinci dari 41 org napi yang meninggal, 1 napi terlibat perkara terorist (Poso), 1 napi terlibat perkara tipikor, 1 napi terlibat perkara pembunuhan dan sisanya (39) terlibat perkara narkotika. Napi yang ada di lapas klas 1 A tangerang sepengetahuan kami, merupakan napi yg sudah putus perkaranya dan memiliki kekuatan hukum tetap dan lapas klas 1 A ini diisi oleh napi dengan pemidanaan lebih dari 5 tahun,” katanya.

Kejadian kebakaran yg terjadi di lapas klas 1 A tangerang merupakan suatu peristiwa yang sangat tidak kita inginkan, hal ini seperti kejadian yang pernah terjadi di tanjung gusta Sumatera Utara. Seperti yg sudah di release Pak Menteri Hukum dan HAM bahwa beliau sudah membentuk dan menunjuk lima (5) tim untuk mengidentifikasi kejadian ini dan Pak Kapolda Metro Jaya juga sudah meninjau langsung lokasi kejadian.

“Biarkan tim bekerja untuk mengidentifikasi, mengungkap dan melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut. Kami turut prihatin atas kejadian yg menimpa Lapas Klas 1 A Tangerang,” tutupnya.(hms/red)