Suhu Capai 44,4 Derajat, India Tutup Sekolah

Berita Utama15 views

Caption:Orang-orang dengan skuter lewat di bawah alat penyiram air di bawah terik matahari pada saat musim panas di Ahmedabad, India, 9 Mei 2024. (Foto: Reuters)

Fixsnews.co.id- Badan Meteorologi India mengeluarkan peringatan tentang “kondisi panas yang ekstrem” pada minggu ini. Suhu di pinggiran kota Najafgarh, Delhi, pada Senin (20/5) mencapai rekor sebesar 47,4 derajat Celsius, menjadi yang tertinggi di seluruh negara.

Badan Meteorologi India mengeluarkan peringatan tentang “keadaan panas yang ekstrem” pada minggu ini. Suhu di pinggiran Kota Najafgarh, Delhi pada Senin (20/5) mencapai rekor sebesar 47,4 derajat Celsius, paling tinggi di seluruh negara.

Pihak berwenang di negara bagian lain – termasuk Haryana, Madhya Pradesh, Punjab dan Rajasthan – juga memerintahkan penutupan sekolah, demikian yang dilaporkan Indian Today.

India tidak asing dengan suhu musim panas yang menyengat.

Namun penelitian ilmiah selama bertahun-tahun menemukan bahwa perubahan iklim menyebabkan gelombang panas menjadi lebih lama, lebih sering, dan lebih intens.

Departemen Meteorologi India memperingatkan dampak panas terhadap kesehatan terutama bagi bayi, orang lanjut usia, dan penderita penyakit kronis.

Pada Mei 2022, suhu di sebagian wilayah Delhi mencapai 49,2 derajat Celcius, media India melaporkan pada saat itu.(VOA/03)