Tekan Penurunan Angka Stunting, Pemkab Tangerang Siapkan Kader Pembangunan Masyarakat Desa Di 29 Kecamatan

Tekan Penurunan Angka Stunting, Pemkab Tangerang Siapkan Kader Pembangunan Masyarakat Desa Di 29 Kecamatan

TIGARAKSA, Fixsnews.co.id – Demi menekan angka stunting, Pemkab Tangerang melakukan kegiatan percepatan, pencegahan dan penurunan stunting di 29 Kecamatan yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 lalu. Pemkab Tangerang juga
Tekan Penurunan Angka Stunting, Pemkab Tangerang juga mempersiapkan Kader Pembangunan Masyarakat Desa Di 29 Kecamatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, kasus stunting merupakan kondisi kerdil pada balita yang merupakan kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis yang dipengaruhi oleh pola asuh. Kegiatan ini merupakan advokasi rencana kerja bagi Pemerintah Kabupaten Tangerang. Sosialisasi rencana kerja juga dilakukan hingga ke Desa.

” Diharapkan semua elemen masyarakat khususnya pemerintah daerah, baik tingkat kecamatan dan desa ikut andil dalam kegiatan tersebut. Pencegahan dapat melalui 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dengan memastikan kesehatan yang baik dan gizi yang cukup. Dan dengan penanganan yang menstimulasi pengasuhan serta pendidikan berkelanjutan,” katanya.

Lanjutnya menerangkan, pencegahan dan penekanan angka stunting dinilai penting karena berdampak pada pembangunan Kabupaten Tangerang.

“Stunting dapat menyebabkan penurunan kecerdasan dan kerentanan terhadap penyakit, hal ini dapat menyebabkan terhambatnya pembangunan dan peluang menjadi negara maju,” ujar Moch. Maesyal Rasyid.

Dalam kegiatan ini Kecamatan berperan melakukan koordinasi intervensi melalui pertemuan berkala dengan aparat tingkat kecamatan, desa, dan masyarakat, lalu memberikan dukungan dalam melaksanakan pemantauan dan verifikasi data di tingkat desa serta melakukan pendampingan pelaksanaan kegiatan di tingkat desa.

Desa juga berperan dalam mengoptimalkan kegiatan yang berlangsung serta menyiapkan Kader Pembangunan Masyarakat (KPM) dan pelaku desa lainnya yang terkait dengan Program Konvergensi Pencegahan Stunting.

Maesyal Rasyid juga membuat tim advokasi yang disebar ke 29 Kecamatan wilayah Kabupaten Tangerang.

Nantinya dana desa yang ada akan dimanfaatkan untuk pembangunan seperti puskesmas, penyediaan makanan sehat, pengadaan alat kesehatan dan kebutuhan medis, pembangunan sanitasi dan lain-lain.

Diharapkan dengan adanya program tersebut angka stunting di Kabupaten Tangerang dapat terus menurun.(IKP/03)