Empat Mahasiswa Universitas Pamulang PKM di TBM Kolong Ciputat

Empat Mahasiswa Universitas Pamulang PKM di TBM Kolong Ciputat

Kota Tangsel , Fixsnews, – Empat orang mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang selenggarakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa (PKM), baru baru ini.

Adapun keempat mahasiswa tersebut diketuai oleh Rosiana Hidayanti dengan anggotanya yaitu Agung Prayogi, Febyan Kurnia Sandi dan Siti Nuraulia Rohma.

Kegiatan PKM berlangsung di kantor Kelurahan Cipayung Ciputat, Jl. Citarum Raya No. 35, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Ahad (21/11/2021) lalu. Dengan mengusung judul, “Membangun Minat Dan Motivasi Pada Anak Untuk Belajar Sambil Bermain”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dosen Pendamping PKM dari Universitas Pamulang, Rusdi S.P M.SI, Annisa Dwi Riyani sebagai Pengelola Taman Bacaan Kolong (TBM) serta anak anak TBM.

Rosiana Hidayanti, ketua pelaksana acara dalam sambutannya menyampaikan. “ Semoga dengan adanya kegiatan PKM kami semoga dapat membantu anak anak dalam membangun minat dan motivasi untuk belajar pada mereka,” ucap Rosiana.

Dikatakan juga, minat merupakan rasa suka atau ketertarikan seseorang terhadap suatu hal tertentu. Sementara itu, motivasi adalah dorongan dari dalam diri manusia untuk melakukan suatu kegiatan.

Minat dan motivasi siswa dalam belajar menentukan keberhasilan siswa dalam berprestasi, di dalam kegiatan PKM ini diharap kan anak anak menjadisiswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai.

Motivasi penting dalam membentuk seberapa besar minat belajar. Motivasi juga mempengaruhi seberapa banyak orang akan mempelajari dari suatu kegiatan pembelajaran, atau seberapa banyak penerapan orang tersebut dalam menangkap informasi yang disajikan kepada mereka.

Anak yang terdorong untuk belajar akan menggunakan kognitif yang lebih tinggi dalam mempelajari materi tersebut sehingga anak tersebut dapat menyerap dan menangkap lebih baik. Motivasi belajar merupakan factor utama dalam keberhasilan belajar. anak yang termotivasi dengan baik akan menghasilkan tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Kegiatan PKM ini diisi dengan kegiatan praktik membuat bunga menggunakan kertas karton, membuat pola, memotong pola Bunga tersebut sampai menempelkan di kertas buku gambar.

Walaupun di tengah kegiatan PKM ini ada beberapa yang mengalami kesulitan, tetapi hal tersebut tidak mengurangi tujuan dari kegiatan ini. Karena pada akhir kegiatan ini, semua anak-anak berhasil membuat bunga.

“Melalui kegiatan PMKM yang berjudul Membangun Minat Dan Motivasi Pada Anak Untuk Belajar Sambil Bermain, kami selaku mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pamulang memiliki maksud dan tujuan dari kegiatan ini agar anak-anak tetap belajar dengan giat walau pada kondisi pandemic saat ini, dengan diadakannya PKM tersebut mampu membuat anak-anak semangat belajar lagi,” tandas Rosiana. (Ros/01)

(Kiriman Rosiana Hidayanti Mahasiswa Universitas Pamulang, Kota Tangsel).

Foto Bersama Mahasiswi dan Dosen Universitas Pamulang Serta panitia TBM dan anak anak TBM .