50 Tahun Dinantikan, Berkat TMMD Masyarakat Desa Gintung Merasakan Jalanan yang Layak

TNI/POLRI22 views

*Desa Gintung, 8 Juni 2024*Tigaraksa – Kabupaten Tanggerang, Setelah setengah abad menantikan, masyarakat Desa Gintung Kecamatan Sukadiri akhirnya dapat merasakan infrastruktur jalan yang layak berkat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang telah lama diidamkan ini selesai dengan gemilang dan disambut dengan sukacita oleh seluruh warga desa.

Program TMMD yang dilaksanakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini berhasil membangun jalan sepanjang 1152 meter yang menghubungkan Desa Gintung dengan desa-desa sekitarnya. Sebelumnya, jalan di desa ini dalam kondisi sangat memprihatinkan, penuh dengan lubang dan sering tergenang air saat hujan. Hal ini mengakibatkan sulitnya akses bagi masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari, termasuk menuju ke sekolah, pasar, dan pusat kesehatan.

### Penantian Panjang Selama 50 Tahun

Desa Gintung telah lama terisolasi dari kemajuan infrastruktur. Warga desa seringkali harus menghadapi jalan yang rusak parah, terutama saat musim hujan. “Dulu, setiap kali hujan, jalanan berubah menjadi lumpur yang membuat kami kesulitan untuk keluar desa,” kata Pak Eman man, seorang petani yang telah tinggal di desa ini selama lebih dari 70 tahun. “Kami berharap selama bertahun-tahun agar ada perbaikan, tapi baru sekarang impian itu terwujud.”

### Upaya Kolaboratif TNI dan Masyarakat

Program TMMD ini tidak hanya melibatkan personel TNI, tetapi juga masyarakat setempat. Kolaborasi ini menunjukkan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Ratusan personel gabungan TNI/Polri dan Satpur,Banpur bekerja bahu-membahu dengan warga desa untuk menyelesaikan pembangunan jalan.

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas bantuan dari TNI. Mereka tidak hanya membangun jalan, tetapi juga membangkitkan semangat kebersamaan di desa kami,” ujar Ibu Siti, salah satu warga yang turut membantu dalam program ini.

### Dampak Positif bagi Masyarakat

Kepala Desa Gintung, Bapak Dede, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada TNI dan seluruh pihak yang terlibat dalam TMMD ini. “Kami sudah menunggu jalan yang layak ini selama 50 tahun. Terima kasih kepada TNI dan Pemerintah semua yang telah membantu merealisasikan impian kami. Kini, anak-anak kami bisa pergi ke sekolah dengan aman dan nyaman, petani dapat mengangkut hasil bumi tanpa kendala, dan akses menuju fasilitas kesehatan menjadi lebih mudah,” ujar Dede.

Selalu Dansatgas TMMD Komandan Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Arh Syarief SB, yang memimpin pelaksanaan TMMD di Desa Gintung, juga turut berkomentar. “TMMD adalah salah satu wujud nyata kepedulian TNI terhadap masyarakat. Kami berharap dengan adanya jalan baru ini, perekonomian desa dapat meningkat dan kesejahteraan masyarakat semakin baik. Kami bangga bisa membantu mewujudkan harapan warga Desa Gintung.”

### Program Lain dalam Program TMMD

Selain pembangunan fisik jalan sepanjang 1152 Meter serta non fisik penyuluhan kepada siswa – siswi sekolahan mengenai materi bahaya narkoba,wawasan kebangsaan,pertanian.Tidak hanya itu program TMMD di Desa Gintung juga bersamaan dengan program bapak KASAD lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar antara lain:
– *Perbaikan gorong – gorong: Beberapa jembatan yang sudah tua dan rusak diperbaiki untuk memastikan keamanan dan kelancaran transportasi.
– *Pembuatan 2 titik Sarana Air Bersih*: Pembangunan sistem distribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar warga.
– *Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni*: Beberapa rumah warga yang dalam kondisi tidak layak dihuni diperbaiki agar lebih nyaman dan aman.

### Sambutan Hangat dari Masyarakat

Sambutan hangat dari masyarakat Desa Gintung mencerminkan betapa pentingnya proyek ini bagi kehidupan mereka. “Dengan adanya jalan baru ini, kami merasa lebih dekat dengan dunia luar. Kami bisa lebih mudah menjual hasil pertanian dan anak-anak kami bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik,” kata Bu Narti, seorang ibu rumah tangga yang sangat antusias dengan perubahan ini.

### Harapan untuk Masa Depan

Dengan selesainya pembangunan jalan ini, Desa Gintung kini memiliki akses yang lebih baik ke berbagai layanan dan potensi ekonomi yang dapat dikembangkan. Hal ini diharapkan dapat menjadi pendorong kemajuan desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

Semangat kebersamaan dan kerja keras yang ditunjukkan dalam program TMMD ini menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus berupaya memperbaiki kondisi infrastruktur demi kesejahteraan bersama. “Kami berharap proyek ini menjadi awal dari banyak perubahan positif lainnya di Desa Gintung,” ujar Pak Haris, seorang tokoh masyarakat.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan