oleh

Cegah Penularan Covid-19, Warga Grand Puri Asih Inisiatif Semprot Disinfektan

TANGERANG (FN)- Cegah penularan wabah COVID-19 atau virus corona, warga perumahan grand Puri asih Curug, Kabupaten Tangerang yang dipimpin langsung ketua RT 05/007 Ustad Irbiyanto berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektan ke tiap rumah warga, Rabu (25/3/2020).

Ustad Irbiyanto mengatakan, penyemprotan disinfektan ini adalah murni swadaya warga setempat. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penularan wabah COVID-19 yang sudah meresahkan Masyarakat, khususnya di perumahan grand Puri asih Curug. Selain itu, Ustad Irbiyanto juga mengimbau warga agar tetap waspada dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

” Mari kita cegah penularan covid-19 dengan mentaati anjuran Pemerintah untuk Selalu Berada di dalam rumah dan tidak berada di kerumunan massa serta mengikuti aturan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat dan daerah”, ungkapnya disela- sela penyemprotan.

Sementara itu, salah satu warga perumahan grand Puri Ridwan Jauhari mengapresiasi dan mendukung kegiatan penyemprotan disinfektan ini dilakukan. Dia berharap kegiatan ini dilakukan berkesinambungan untuk mencegah penularan.

” Terimakasih kepada ketua RT 05/007 Ustad Irbiyanto beserta jajarannya yang telah melakukan penyemprotan disinfektan. kalau bisa jangan hanya sekali ini saja karena wabah ini kami gak tau kapan datangnya”, katanya.

” kami berharap ada tindakan pemerintah daerah untuk turun tangan melakukan pemeriksaan secara massal ke tiap daerah, khususnya di perumahan ini”, harapnya.

Untuk diketahui, Pemerintah menyerukan agar Masyarakat memahami dan mentaati anjuran kebijakan untuk bersatu dan bersama sama mencegah penyebaran dan tidak meluasnya virus Covid-19 dengan cara Sosial Distancing atau Selalu Berada di dalam rumah dan tidak berada di kerumunan massa.

Adapun anjuran bagi masyarakat yaitu, pertama menjauhi kerumunan masyarakat. Dengan kata lain tidak mengadakan acara apapun yang dapat mengundang dan mengumpulkan orang baik di dalam gedung maupun di luar gedung.

Kedua, Kerja, Belajar, dan Melaksanakan Ibadah di rumah saja. Dengan kata lain, semua aktifitas sehari hari agar di lakukan dari rumah masing masing.

Ketiga, Minimalisir bersentuhan dan berdekatan dengan orang lain. Dengan kata lain, memberi salam cukup dengan menunduk kan kepala, memberi salam dengan kedua tangan di depan dada, menjaga jarak 1.5 meter apabila berdiri dekat orang lain serta tidak hindari pertemuan pertemuan acara apapun.

Keempat, Usahakan Berjemur Matahari setiap pagi dan sore di depan rumah masing masing, di depan kantor dan sebagainya.

Kelima, Pastikan Sirkulasi Udara Baik dan sehat, apakah di rumah, di kantor dan lainnya sehingga terhindar dari ruangan lembab.

Keenam, Tunda Semua Kegiatan Sosial kemasyarakatan yang kumpulnya Massa, Seperti Arisan, kegiatan perayaan keagamaan dan aliran kepercayaan, bazar, pasar malam, kegiatan olahraga di tempat umum, kesenian, unjuk rasa, karnaval, jasa hiburan, resepsi keluarga, pesta, dan kegiatan lainnya yang menjadikan berkumpulnya massa.(Ben)