Dukung Penuh ASEAN Para Games 2022, PLN Siapkan Listrik Andal Tanpa Kedip

Berita Utama172 views

Fixsnews.co.id– PT PLN (Persero) siap menyukseskan gelaran ASEAN Para Games XI di Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang. PLN memastikan keandalan pasokan listrik tanpa kedip di lokasi pertandingan dan pendukung lainnya.

Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN, Haryanto WS mengatakan pihaknya siap mengawal keandalan listrik, salah satunya dengan memperkuat infrastruktur kelistrikan untuk menyambut pesta olahraga khusus atlet difabel terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

“PLN telah melakukan pembangunan infrastruktur dan penguatan jaringan listrik dengan pemasangan tiang sisipan, penarikan kabel tambahan, dan pemasangan kubikel,” terang Haryanto.

Selain dari segi pasokan, PLN juga menyiapkan keamanan berlapis dengan menyediakan 8 unit gardu berjalan (UGB), 25 unit _uninterrutible power supply_ (UPS), 3 unit kabel bergerak (UKB), dan 14 unit genset dengan total peralatan sebanyak 50 unit. Peralatan _backup_ tersebut dilengkapi dengan _automatic change over switch_ (ACOS).

“ACOS merupakan perangkat yang berfungsi untuk memindahkan beban dari sumber listrik utama ke sumber cadangan secara otomatis dan relatif singkat, sehingga kontinuitas suplai listrik akan terus terjaga,” ujarnya.

Selama periode siaga 30 Juli–6 Agustus 2022, lanjut dia, PLN menyiapkan total sebanyak 659 personel yang terdiri dari 42 personel posko pembangkitan, 42 personel pengatur beban, 80 personel transmisi gardu induk, 156 personel teknik distribusi, 27 personil Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan 312 personel pelayanan teknik. Petugas tersebut disiagakan di 14 lokasi pertandingan dan 16 lokasi pendukung.

Selain itu, para personel siaga juga didukung dengan armada kendaraan teknis sebanyak 35 unit yang terdiri dari 22 unit kendaraan roda empat, 8 unit sepeda kendaraan roda dua, dan 5 unit mobil PDKB sentuh langsung.

“PDKB salah satu tim yang juga disiapkan untuk siaga keandalan ASEAN Para Games di Solo, tim ini bisa melakukan perbaikan, pemeliharaan, perluasan, modifikasi konstruksi dalam keadaan bertegangan sehingga tidak mengganggu suplai selama kegiatan,” imbuhnya.

Sebanyak 14 lokasi utama yang menjadi menjadi prioritas pengamanan PLN diantaranya Stadion Manahan Solo, Edutorium UMS, Sport Center UNS, Hotel Solo Paragon, Tirtonadi Convention Hall, Stritex Arena, Manahan Tennis Center, UNS Sport Center Kentingan, Stadion Kota Barat, Techno Park Solo, UTP Sport Center, Lor-In Dwangsa Hotel, dan GOR Jatidiri Semarang.

“Dengan persiapan yang telah kita lakukan secara matang ini, harapannya dapat mendukung kelancaran acara. PLN terus berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kelistrikan agar tetap andal,” terang Haryanto.

Persiapan yang dilakukan oleh PLN ini disambut baik oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, PLN memberikan dukungan yang luar biasa.

“Terima kasih sekali dukungan dari PLN di setiap _venue_ dan fasilitas lainnya seperti di hotel, luar biasa sekali dukungannya dan sudah disiapkan juga _plan_ A _plan_ B untuk _backup_ terutama untuk acara yang paling krusial yaitu _opening_ dan _closing ceremony_,” ungkapnya.

ASEAN Para Games XI Solo 2022 adalah ajang olahraga multi-cabang yang diikuti para atlet difabel se-Asia Tenggara yang mempertandingkan 14 cabang olahraga seperti atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, renang, tenis meja, tenis lapangan, catur, lawn bowls, bulu tangkis, balap sepeda, menembak dan voli duduk.

Ajang ini diikuti oleh 1.285 atlet dari 11 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Laos, Myanmar, Timor Leste, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam.(red)