Kemendikbud Perkuat Merdeka Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi

JAKARTA,Fixsnews.co.id- Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak), Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Balitbang dan Perbukuan), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus perkuat kebijakan Merdeka Belajar dengan berbagai penelitan di masa pandemi Covid-19. Dengan tema “Kebijakan Berbasis Bukti untuk Memperkuat Kemerdekaan Belajar dan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi”, Puslitjak menyelenggarakan seminar hasil penelitian tahap II secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) di Jakarta, pada 7 Desember hingga 9 Desember 2020.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Balitbang dan Perbukuan, Totok Suprayitno mengapresiasi para peneliti yang tetap bersemangat melakukan penelitian meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19 yang tentu saja tidak mudah. “Kami menyampaikan apresiasi terhadap apa yang teman-teman lakukan dan terbukti hasil penelitian yang teman-teman lakukan sangat dibutuhkan untuk perbaikan kualitas pendidikan kita,” kata Totok saat membuka acara Seminar Hasil Penelitian Tahap II, Senin (7/12).

Totok menambahkan, sejumlah hasil kerja keras yang telah dilakukan para peneliti di tengah pandemi, mulai dari modul pembelajaran hingga kurikulum darurat memiliki manfaat bagi pengembangan kualitas pembelajaran di Indonesia.

Seminar hasil penelitian kali ini mengangkat delapan kelompok tema. Tiga kelompok tema yang dipaparkan para peneliti pada hari pertama yaitu Penjaminan Mutu Pendidikan, Tata Kelola Pendidikan, dan Peningkatan Kualitas Guru. Selanjutnya pada hari kedua, dipaparkan dengan tema Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai Budaya, Ketahanaan Budaya, Penguatan Kapasitas Sumber Daya Pendidikan di Masa Pandemi, Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, dan Adaptasi Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19.(red)