oleh

Layani Libur Natal Dan Tahun Baru, PT. ASDP Merak Siapkan 6 Dermaga

CILEGON (FN) – PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menyiapkan enam darmaga dari tujuh dermaga miliknya untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Pemerintah dan PT ASDP Indonesia Ferry juga menyatakan kesiapannya dalam menyambut libur akhir dan awal tahun.

Hal ini diungkapkan Kepala Sekretaris Direktorat Jendral Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan Ucu Mulyana, usai menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan libur nataru di ruang rapat dermaga eksekutif Pelabuhan Merak Kamis malam (12/12/2019).

Ucu mengklaim, pihaknya sangat siap untuk menghadapi libur nataru dan tidak ada persoalan dari jumlah kapal lantaran saat ini terdapat 69 armada di lintasan Merak-Bakauheni.

“Kalau regulernya saja kita operasikan 32 armada, jadi kita cadangkan armada untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Insya Allah lebih dari memadai,” tuturnya.

Pada sisi keselamatan dan kelancaran, Ucu mengatakan juga sudah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi lonjakan yang terjadi salah satunya berkoordinasi dengan berbagai Stake Holders.

“Kita sudah menyiapkan tugboat, di Bakauheni sudah siap. Sementara di Merak juga bekerjasama dengan BUP-BUP (Badan Usaha Pelabuhan), seperti Pelindo, yang akan dikoordinasikan oleh ASDP, BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) dan KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan),” tuturnya.

Sedangkan untuk pola operasional, Ucu mengaku tidak akan merubah
pola yang sudah dilakukan pada Moment-moment sebelumnya.

“Pola operasi kita lakukan seperti biasa, pola normal, pola padat dan pola sangat padat,” tambahnya. ***

News Feed