Home / Banten Raya / Gelar Reses di Desa Bitung Jaya, Hj Nonce Tendean Serahkan Hibah Mobil

Gelar Reses di Desa Bitung Jaya, Hj Nonce Tendean Serahkan Hibah Mobil

Cikupa (FN),- Gelar reses pertama Tahun Anggaran 2020, anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Hj Nonce Tendean serahkan hibah mobil inventaris desa beserta garasinya senilai Rp. 200 Juta ke Kepala Desa Bitung Jaya.

Dalam reses acara yang digelar di aula Kantor Desa Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Kamis (6/2/2020), selain menyerahkan hibah mobil, Nonce mendengarkan aspirasi masyarakat dan tokoh masyarakat yang hadir.

Kades Bitung Jaya Drs HM Dedi MBA mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kehadiran Hj Nonce Tendean anggota DPRD Kabupaten Tangerang di Desa Bitung Jaya.

Dalam kesempatan tersebut Kades Bitung Jaya Drs HM Dedi MBA mengeluhkan tentang kewenangan desa yang banyak di pangkas oleh pusat. Seperti pembuatan SKDU dan iuran bantuan dana lingkungan buat desa. Bahkan saat ini akibat pengkebirian oleh pusat tersebut pemerintah desa tidak lagi dihargai oleh perusahaan dan pabrik yang ada di wilayahnya.

“Memo Kades mau memasukan warga masyarakat agar bekerja diperusahaan atau pabrik besar, seperti pabrik Kopi Torabika aja nggak laku dan nggak diakui,” kata Kades Bitung Jaya dengan nada kecewa.

Menanggapi keluhan Kades Bitung Jaya tersebut anggota DPRD asal Fraksi Partai Demokrat berjanji akan menindaklajutinya dan membawa pada rapat dewan.

“Dewan akan sidak pabrik Kopi Torabika kalau perusahaan produsen kopi kemasan tersebut menolak memperkerjakan warga sekitar termasuk warga Desa Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa,” hal ini ditegaskan oleh anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Hj Nonce Tendean menanggapi keluhan Kepala Desa Bitung Jaya.

Menurut anggota Fraksi Partai Demokrat keawajiban pabrik atau industry untuk mempekerjakan 30 persen dari pekerjanya adalah warga sekitar desa sekitar. Kalau pabrik atau industry tersebut menolak ini patut dipertanyakan penyebabnya.

“Sungguh tidak elok apabila pabrik atau industry berdiri di wilayah suatu desa, seperti Desa Bitung Jaya, tetapi warga sekitar tidak bias bekerja. Mereka malah merekrut pekerja dari daerah lain bahkan mungkin saja dari provinsi lain,” kata Nonce lagi.

Selain masalah tenaga kerja, kata Nonce Tendean seraya melanjutkan. Masyarakat Desa Bitung Jaya juga menyampaikan soal genangan air di ruas Jalan Raya Serang kalau hujan turun karena buruknya sistim drainase, soal tempat penampungan sementara sampah warga sebelum diangkut oleh mobil dari Dinas Kebersihan Kabupaten Tangerang.
Soal sampah akan saya usulkan untuk dianggarkan pembuatan tempat penampungan sampah sementara pada anggaran berikutnya.

Sedangkan mengenai saluran air di ruas Jalan Raya Serang merupakan kewenangan Provinsi Banten, maka akan saya sampaikan pada dinas terkait untuk diusulkan dalam Musrembang Tingkat Provinsi Banten atau melalui anggota DPRD Provinsi Banten asal Dapil Kabupaten Tangerang.

Sedangkan untuk ruislag atau pemidahan Kantor Desa Bitung Jaya karena kewenangan dan milik desa maka silahkan untuk merundingkan dengan tokoh masyarakat, BPD dan instansi terkait di Pemkab Tangerang.

Selain sejumlah masyarakat, reses pertama anggota DPRD Kabupaten Tangerang asal Fraksi Partai Demokrat Tahun Anggaran 2020 itu juga dihadiri oleh Kepala Desa Drs HM Dedi beserta perangkat desa, Ketua PKK dan wakilnya Noni Handayani, Bhabinkantimas Bripka Tri Iskandar, Tokoh masyarakat Nanang Musni SP, H Murodi dari dusun 1, H Mamat dari Dusun 2 dan dari Dusun 3 diwakili RT Bambang. (tris/02)

Check Also

Ishak, Sang Penghantar Mimpi Para Atlet PON XX Papua

Jayapura, Fixsnews.co.id- Mengingat kembali masa mudanya, Ishak Pattipeme pernah bermimpi bisa beraksi dan mencetak gol …