Pemkab Muara Enim Lakukan Peremajaan dan Tumbang Pangkas Kelapa Sawit Warga

Berita Utama161 views

Kabupaten Muara Enim, fixsnews.co.id – Guna memacu produktivitas kelapa sawit di wilayah kabupaten Muara Enim, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Muara Enim bersama warga masyarakat yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Kecamatan Gunung Megang melangsungkan syukuran pelaksanaan program peremajaan kelapa sawit rakyat tahap I Tahun 2019, dan peluncuran tumbang pangkas perdana pohon kelapa sawit tahun tanam 2020, di Desa Sumaja Makmur, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Jumat pagi (21/08).


Dalam acara syukuran tersebut, Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, H. Hasanudin, melakukan pemotongan tumpeng dan pemotongan pita menandakan dimulainya pelaksanaan tumbang pangkas kelapa sawit tahun 2020.


Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH menyampaikan bahwa dari total luas lahan pertanian di Kabupaten Muara Enim, sekitar 35% atau seluas 200 ribu hektar merupakan lahan perkebunan yang didominasi oleh 3 komoditas unggulan yaitu karet, kelapa sawit dan kopi.


“Sekitar 35 % atau 200 ribu hektar lahan perkebunan di wilayah kita ini didominasi oleh kelapa sawit, kopi dan karet oleh karena itu Pemkab Muara Enim sangat fokus melaksanakan program-program pemberdayaan, baik dari kegiatan hulu maupun hilir di sektor perkebunan ini,”ungkapnya.


H. Juarsah juga menyampaikan harapannya melalui peremajaan kelapa sawit ini dapat meningkatkan kualitas maupun produktivitas panen.


“Kami berpesan kepada para petani dan Gapoktan agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan terencana, mulai dari pekerjaan pembukaan lahan dan tumbang pangkas pohon agar hasil yang diperoleh menjadi lebih optimal sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”pesannya.
Sementara itu Kepala Desa Sumaja Makmur, Parimin mengucapkan terima kasihnya atas perhatian Pemkab Muara Enim dalam membantu para petani kelapa sawit, khususnya yang berada di Kecamatan Gunung Megang.


“Atas nama masyarakat dan petani kelapa sawit di wilayah kecamatan Gunung Megang dan kabupaten Muara Enim kami mengucapkan terima kasih atas bantuan serta dukungan Pemkab Muara Enim dalam hal ini Dinas Perkebunan yang telah membantu kita didalam melakukan peremajaan kelapa sawit kita ini,” pungkasnya.(mpcom)

(Merenimpost)