Pemkab Tangerang Bantu Sarana dan Prasarana Penangkapan Ikan bagi Nelayan

TANGERANG, Fixsnews.co.id- Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan kepada para nelayan di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Selasa (30/04/2024).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid menyampaikan, bantuan ini diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

Bantuan ini juga diberikan untuk mendorong produktivitas para nelayan. Mengingat, nelayan merupakan mata pencaharian bagi masyarakat yang ada di wilayah Pantura dan merupakan tulang punggung perekonomian disektor perikanan.

“Nelayan adalah pahlawan pangan yang berjasa dalam menyediakan protein bagi masyarakat. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita membantu mereka untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan dan kesejahteraan mereka,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar produk perikanan juga menjadi ujung tombak pendukung keberhasilan sektor perikanan.

Karena itu, dukungan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang dirasakan sangat penting dan memberikan semangat baru dan peluang pengembangan usaha penangkapan ikan.

“Pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada para nelayan agar dapat meningkatkan hasil tangkapan dan pendapatan mereka. Bantuan ini diharapkan dapat membantu para nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam kegiatan penangkapan ikan.”

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jaenudin mengatakan, dalam kegiatan ini terdapat 14 kelompok dan 400 orang nelayan yang diberikan bantuan.

Bantuan ini di antaranya berupa Mesin kapal 24 PK sebanyak 40 unit, alat tangkap Bubu sebanyak 4.588 unit, Jaring Rampus sebanyak 185 unit, Cool Boks (wadah pendingin ikan di kapal) 160 unit, Alat bantu pencari ikan (fish finder) 25 unit,

Selain itu, Pemkab Tangerang juga memberikan bantuan solar kepada 300 nelayan sebanyak 150 liter per orang, serta pertalite kepada 23 nelayan masing-masing mendapat 100 liter.

“Pemerintah Kabupaten Tangerang juga memberikan sarana prasarana alat pengolahan ikan khusus berupa kios pemasaran, 4 unit kontainer dan sarana pengolahan 2 sebanyak paket. Bantuan juga diberikan kepada kelompok budidaya ikan berupa 2 unit kolam terpal,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan ini diharapkan para nelayan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil tangkapan mereka. Sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.

“Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah masyarakat, dan nelayan. Dengan kerja sama yang erat, kita dapat mencapai tujuan bersama demi kemajuan dan kesejahteraan wilayah kita,” pungkasnya.(Len)