Pemkot Tangerang Lakukan Langkah Antisipasi Soal Coronavirus

TANGERANG (FN)- Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah, mengimbau masyarakat Kota Tangerang tidak berlebihan dalam merespons berita virus corona. Arief meminta masyarakat tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa serta menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Salah satu hal yang penting dalam pencegahan ini adalah PHBS,” papar Arief yang ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Selasa (3/3).

Arief yang melakukan rapat koordinasi terkait virus corona, meminta seluruh SKPD untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait cara-cara pencegahan dan penanganan yang bisa dilakukan.

“Makanya dikumpulkan beberapa SKPD untuk melakukan sosialisasi baik ke perusahaan, sekolah termasuk koordinasi dengan bandara, karena Kota Tangerang menjadi pintu masuk lewat jalur transportasi udara,”

“Rencananya nanti Dinas Pendidikan akan mengundang seluruh kepala sekolah agar semua murid bisa melaksanakan kegiatan PHBS. Disnaker juga tolong imbau HRD di perusahaan untuk menyediakan cairan cuci tangan atau hand sanitizer,” jelas Walikota.

Dia juga meminta warganya untuk tidak membeli masker secara berlebihan. Arief mengatakan, sebagaimana instruksi Menteri Kesehatan RI, masker idealnya hanya diperuntukkan bagi orang sakit. Pembelian masker secara berlebihan oleh orang sehat dikhawatirkan akan menipiskan stok bagi mereka yang benar-benar membutuhkan.

“Dari Kementerian Kesehatan dan para pakar juga, gak terlalu perlu pakai makser apalagi secara berlebihan. Karena masker itu diberikan kepada yang sakit atau suspect dan juga tenaga kesehatan yang menangani pasien,” jelas Walikota.

Selain itu, Walikota juga meminta masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari rempah-rempah.

“Bisa dengan minum curcuma, jahe, temulawak, dan kunyit itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh mengantisipasi bahaya virus corona,” terangnya.

“Jadi daripada beli masker mending minum-minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah, untuk kekebalan tubuh kita,” tambahnya.

Seberat apapun tantangan yang dihadapi terkait virus corona, lanjut Arief, masyarakat diharapkan bisa menghadapi dengan hati tenang dan kepala dingin.

“Karena kepanikan gak akan menyelesaikan masalah. Dan kami Pemerintah Kota Tangerang dibawah arahan pemerintah pusat khususnya Kementerian Kesehatan terus mengambil langkah-langkah antisipasi dan langkah yang paling efektif buat kita semua adalah melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tukasnya.

Saat ini, Pemerintah Kota Tangerang juga membuka layanan hotline terkait penanganan virus Covid-19. Masyarakat dapat mengaksesnya di 082299973322 atau menghubingi Call Center 112 dan 119.(hms/Ben)