Pengelolaan Sawit di PTPN IV Unit Kebun Dolok Ilir Dinilai Tak Maksimal, Tokoh Pemuda Minta Manajemen Dievaluasi

Simalungun,Fixsnews.co.id-Tokoh Pemuda kecamatan Dolok Batu Nangar Hari P Nasution menilai pengelolaan tanaman kelapa sawit di PTPN IV Unit Kebun Dolok Ilir tak maksimal. Pasalnya masih ditemukan puluhan batang tanaman sawit yang tidak mendapatkan pruningan alias minim perawatan dan mengalami kematian.

“Selain itu, juga ditemukan buah sawit hasil panenan(dipanen-red) pekerja tidak dipungut dan diantarkan ke manejemen pks setempat,” ungkap Hari P Nasution saat ditemui awak media, Rabu, (12/10/2022).

Baca Juga :Sawit Tak Terurus, PTPN IV Kebun Dolok Ilir Diduga Tidak Prioritaskan Perawatan

Hari mengatakan, kelapa sawit merupakan salah satu usaha pemerintah yang dinaungi badan usaha milik negara ( BUMN) untuk mendukung kontribusi ke negara dalam bidang perkebunan . Adapun tujuan dari didirikan perusahaan perkebunan nusantara tersebut, guna mendapatkan keuntungan dari hasil kebun untuk menambah keuangan negara .

“Namun, fakta di Lapangan masih didapati pihak manejemen yang tidak merawat tanaman (kelapa sawit-red) dan menyia-nyiakan hasil dari perkebunannya, ” ungkapnya.

Menurut Hari, Buah maupun brondolan sawit yang tidak dipungut dan tidak diambil pekerja merupakan kerugian bagi perusahaan . Terkait hal itu, dirinya meminta pihak terkait untuk mengevaluasi kinerja manajemen PTPN IV Unit Kebun Dolok Ilir khususnya bidang pengelolaan dan perawatan tanaman kelapa sawit.

“Karena perkebunan tersebut milik pemerintah, kita perlu mengawasinya supaya ada perbaikan untuk kedepannya,” katanya.

“Mulai pelobangan ,penyediaan makona, penanaman ulang serta perawatan diwaktu masih tanaman belum menghasilkan hingga tanaman yang telah menghasilkan sangat membutuhkan biaya yang fantastis besar.
Jadi apabila masih di temukan buah yang tidak di pungut, itu merupakan suatu hal yang mensia-siakan hasil dan berdampak merugikan negara. Seharusnya manejer perkebunan turun langsung kelapangan untuk melihat anggota, ” tutupnya.

Terpisah, Fagar sinaga selaku asisten afdlg VI PTPN IV unit Kebun Dolok Ilir saat dihubungi awak media via WhatsApp menyampaikan terimakasih dan akan memperbaiki.

“Terimakasih atas perhatiannya, akan kita perbaiki bang, ” katanya. (Hendri)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan