Pesona Alam Desa Wisata Tipang di Danau Toba Bisa Jadi Destinasi Libur Lebaran

Fixsnews.co.id- Desa Wisata Tipang berada di tepi Danau Toba menjadi wisata andalan Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara dan masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa Wisata Tipang yang berlokasi di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara menawarkan beragam potensi wisata dan terbagi atas tiga kategori, yakni wisata alam, wisata sejarah, dan wisata buatan. Desa ini dikelilingi oleh hamparan bukit hijau nan menyejukkan.

Nah untuk warga yang lagi mudik di Sumatera Utara (Sumut), tidak perlu bingung cari tempat. Karena Desa Wisata Tipang dapat menjadi objek wisata yang dapat anda kunjungi bersama keluarga.

Baca Juga :Begini Aturan Cuti Bersama ASN Tahun 2022

Kapolri Harap Penambahan Kapal dan Dermaga Urai Kepadatan di Pelabuhan Merak

Sejauh mata memandang, Desa Wisata Tipang pasti akan menyuguhkan keindahan. Kawasan dengan sejuta pesona alam. Diperkaya lagi dengan kekuatan budaya masyarakatnya yang dapat dijadikan tontonan bagi para pengunjung. Banyak tempat – tempat instagramable yang cocok bagi masyarakat yang senang berfoto dan mempublikasikannya ke media sosial Instagram ataupun media sosial lainnya.

Selain Panorama Danau Toba, terdapat berbagai potensi wisata dan budaya yang layak untuk dikunjungi di Desa Tipang. Dikutip dari laman Detik.com, berikut pesona Desa Wisata Tipang yang bisa jadi inspirasi destinasi libur lebaran :

1.. Air Terjun Sigota-gota

Air terjun Sigota – gota adalah air terjun yang sangat indah dengan kontur 3 tingkat. Secara geologi, Air Terjun Sigota-Gota adalah mata air yang muncul dan mengalir akibat letusan Supervolcano Toba 74.000 tahun yang lalu.

2. Terasering Sibara-bara

Terasering Sibara-bara yakni lokasi agrowisata persawahan yang luas dengan pemandangan alam yang sangat indah. Lokasi ini sudah dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Ugo pada tahun 2021 yang lalu. Lokasi ini dijuluki juga Ubudnya Danau Toba karena lokasi dan suasananya sangat mirip dengan Ubud di Bali.

3. Bukit Batu Maranak

Bukit Batu Maranak adalah salah satu bukit yang sangat indah dengan panorama alam Danau Toba. Lokasi ini juga sering dipergunakan masyarakat sebagai lokasi camping, trekking, serta pemotretan untuk prewedding. Bukit Batu Maranak ini bersebelahan dengan Panorama Indah Gonting yang juga memiliki view yang sangat indah.

4. Pulau Simamora

Pulau Simamora, yakni sebuah pulau di tengah-tengah Danau Toba yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman, seperti mangga, durian dan yang lain. Dari aspek budaya, Pulau Simamora dipercaya sebagai pemberian Raja Lontung kepada borunya Marga Simamora. Secara geologi, Pulau Simamora adalah sebuah pulau yang terbentuk dari debu letusan erupsi Supervolcano Toba sekitar 800.000 tahun yang lalu.

5. Sarcofagus dan perkampungan tua

Di Desa Tipang terdapat berbagai sarcofagus (kuburan batu) yang sudah berusia ratusan tahun, seperti sarcofagus Purba, sarcofagus Manalu, Sarcofagus Debata Raja dan lainnya. Desa Tipang juga diyakini sebagai asal-usul klan Marga Simamora (Purba, Manalu, Debataraja) dan Klan Marga Sihombing (Silaban, Lumbantoruan, Nababan, Hutasoit).(ben)