Begini Kondisi Iyos, Orang Terlantar yang ditemukan TRC Dinsos Kota Tangerang

Fixsnews.co.id-Setelah ditemukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Sosial di Fly Over Kebon Nanas, Kota Tangerang pada Selasa malam (02/08/22). Tepat pukul 09.00 WIB, orang terlantar yang diketahui bernama Iyos, asal Cianjur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang.

dr. Ou Taty, Direktur RSUD Kota Tangerang, mengatakan, pada saat datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) bersama tim TRC Dinas Sosial, Iyos dalam kondisi yang memerlukan penanganan kesehatan, karena penyakit yang dialami.

“Pasien kami terima sekitar pukul 21.00 WIB di IGD dan langsung kami lakukan penanganan sesuai dengan indikasi gawat darurat medis. Mulai dari, pemberian oksigen, terapi cairan, obat – obatan, serta pemeriksaan laboratorium,” kata dr. OU.

Dirinya melanjutkan, hingga kini, Rabu (03/08/22) kondisi Iyos dalam keadaan sadar dan sudah mampu menerima pertanyaan dari tim Dinas Sosial dalam melakukan assessmen terkait identitas diri dan keluarga.

“Selama perawatan pasien selalu didampingi oleh TRC Dinas Sosial kota. Saat ini pasien sudah dalam penanganan dokter spesialis paru. Awalnya pasien dirawat di ruang rawat inap lantai delapan Ulin satu, tetapi karena pasien membutuhkan penanganan yang intensif maka pasien dipindahkan ke ruang ICU, lanjutnya.

Terkait biaya, dr. OU Taty menjamin, seluruh perawatan yang didapat Iyos akan ditanggung oleh APBD Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan hingga akhirnya Iyos dikatakan sembuh.

“Untuk pembiayaan Orang Terlantar dijamin oleh Jaminan Pelayanan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Dinas Kesehatan Kota Tangerang dengan melampirkan rekomendasi Dinsos Kota Tangerang,” jelas dr. OU.

Diketahui, hingga saat ini, Dinas Sosial tengah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Cianjur terkait pencarian keluarga. Namun, jika belum ditemukan, sesuai SOP, Dinas Sosial akan merekomendasikan Iyos untuk tinggal di Rumah Singgah agar mendapatkan fasilitas yang layak.(awr)