Home / Berita Utama / Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kota Tangerang Rehabilitasi Turap dan Angkut Sampah Sungai

Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kota Tangerang Rehabilitasi Turap dan Angkut Sampah Sungai

TANGERANG,Fixsnews.co.id-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, terus berupaya mengantisipasi banjir pada puncak musim hujan tahun ini yang diperkirakan jatuh pada Januari dan Februari 2021.

Berbagai upaya dilakukan, beberapa diantaranya dengan membersihkan sampah di berbagai sungai, normalisasi pintu air, hingga melakukan normalisasi turap di wilayah Kota Tangerang.

Kepala Dinas PUPR, Decky Priambodo, mengatakan, Seksi Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (SDA), Bidang OP Dinas PUPR rutin melakukan pembersihan sampah di titik-titik yang rawan terjadi banjir.

Beberapa lokasi yang telah dilakukan pengangkatan sampah diantaranya, Pintu air Kali Sipon Cipondoh, Saluran Kober Bambu, Saluran Kunciran, Saluran BTT.

Kata dia, Tim Perahu Operasi dan Pemeliharaan Dinas PUPR, setiap hari melakukan sweeping dan pengangkutan sampah di Sungai Cisadane. Sementara, untuk normalisasi turap kami melakukannya di Perumahan Pondok Arum, Kecamatan Karawaci.

Decky menjelaskan, secara terjadwal penanganan banjir di Kota Tangerang dilakukan setiap tahunnya untuk mengurangi genangan dan banjir yang ada di Kota Tangerang. “DI Tahun Anggaran 2021, salah satu target penanganan banjir adalah di Wilayah Kecamatan Periuk. Diharapkan setelah penanganan banjir dilaksanakan, banjir dan genangan di wilayah ini bisa turun secara signifikan,” jelasnya.

Untuk membantu penanganan banjir di Kecamatan Priuk sendiri, lanjut Decky, ia juga melakukan pengangkutan sampah yang menghambat aliran di Jembatan Alamanda, Kali Ledug, Kecamatan Periuk. “Kami juga melakukan pemeliharaan dan rehabilitasi pintu air di Perumahan Taman Elang RW 016, Kecamatan Periuk,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Decky, mengimbau masyarakat Kota Tangerang agar senantiasa menjaga lingkungannya dan tidak membuang sampah di sungai. “Mari bersama kita jaga kebersihan sungai maupun saluran air agar selalu bersih dari sampah,” pungkasnya.(hms)

Check Also

Menaker: Penetapan UMP Semua Provinsi Paling Lambat 21 November

Jakarta, Fixsnews.co.id- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta para gubernur untuk menetapkan upah minimum provinsi …